Share

Kemarau Panjang, Perajin Kebut Produksi Batu Bata

Perajin batu bata di Kabupaten Bojonegoro mengebut produksi di musim kemarau tahun ini. Produksi bata sebanyak-banyaknya ini sengaja dilakukan agar mendapatkan hasil maksimal sebelum musim penghujan tiba.

Bojonegoro (Media Center) – Perajin batu bata di Kabupaten Bojonegoro mengebut produksi di musim kemarau tahun ini. Produksi bata sebanyak-banyaknya ini sengaja dilakukan agar mendapatkan hasil maksimal sebelum musim penghujan tiba.

Seperti di sentra perajin batu bata di Kelurahan Ledok Kulon, Kecamatan Kota Bojonegoro. Mereka mengaku jika cuaca panas seperti saat ini dimanfaatkan untuk mengeringkan batu bata. Dengan begitu stok batu-bata siap bakar mencukupi hingga musim hujan nanti.

“Mumpung cuaca panas produksinya diperbanyak, karena saat penghujan tidak bisa produksi lagi,” ujar Suyanto, salah satu perajin di Ledok Kulon.

Saat musim kemarau, biasanya perajin bisa membuat 500 sampai 1000 biji batu bata dalam sehari. Namun, saat ini para perajin membuat hingga 2000 biji perhari. Selain itu, para perajin batu bata ini juga khawatir akan ancaman banjir yang sudah menjadi langganan di Kabupaten Bojonegoro. Sebab, bahan dasar yang digunakan para perajin untuk membuat batu bata ini dari tanah liat yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo.(**mcb)

Leave a Comment