Share

Kementerian ESDM Apresiasi Program Generasi Emas

Media Center (Bojonegoro) – Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kementerian ESDM, DR.IR.Djajang Sukarna, berpesan agar daerah harus bisa memanfaatkan sumber daya alam yakni migas dengan bijak.

“Dengan adanya sumber daya alam migas ini, harus bisa mensejahterakan masyarakatnya,” ujarnya pada acara penyerahan bantuan dana pendidikan oleh ExxonMobil Indonesia,untuk pendidikan di Kabupaten Bojonegoro di Pendopo Malowopati, Kamis (25/3/2019).

Dia menyampaikan, sumber daya alam migas ini tidak bisa diperbaharui sehingga bisa mentransformasi supaya menjadi hal-hal yang sustainable dan berkesinambungan. Salah satunya dengan menyiapkan sumber daya manusia yang lebih baik.

“Kami sangat mengapresiasi adanya program generasi emas yang digagas Bupati untuk para pemuda di Bojonegoro. Oleh sebab itu, semua Operator Migas wajib memberikan CSR nya dalam bidang pendidikan,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Suyoto, mengatakan, adanya sumber daya minyak dan gas apabila salah dalam mengelola dan menggunakan akan menimbulkan kutukan. Kutukan tersebut antara lain, kerusakan lingkungan, konflik rebutan peluang industri migas, lalu berpesta pora dengan menggunakan uang minyak.

“Uang hasil migas dikorupsi secara jamaah, itulah kutukannya,” tegasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Kang Yoto, menyampaikan, agar para pemuda di Bojonegoro tidak menjadi semut galau. Semut yang tidak bisa mengambil peluang dan hanya menunggu saja tanpa ada usaha.

“Saya ingin menjadikan masyarakat Bojonegoro, menjadi semut yang produktif. Dan kuncinya, manusianya harus dididik melalui sekolah,”pungkasnya.(rien/dwi)

Leave a Comment