Share

Keterbukaan Informasi Publik, Kapolda Launching E-Police

Bojonegoro (Media Center) – Kedatangan Kapolda Jawa Timur, Irjen Anas Yusuf ke Bojonegoro pada Jumat (10/4/2015) disambut meriah. Agenda kedatangan mantan Wakabareskrim Mabes Polri ini untuk meresmikan meresmikan gedung baru Polres Bojonegoro, masjid polres dan Mapolsek Balen.

Tak hanya itu, kapolda bersama Kapolres Bojonegoro, AKBP Ady Wibowo serta Bupati Bojonegoro, Suyoto juga melaunching E-police. E-police ini diakui merupakan program baru dan baru ada di Bojonegoro. Kemungkinan selain masjid, program ini akan menjadi program percontohan bagi jajaran kepolisian di wilayah Jawa Timur,

“Jadi ini semacam Media Centernya kepolisian,” celetuk Anas Yusuf disela-sela penjelasan E-Police oleh Kapolres Bojonegoro.

Sistem E-police ini serupa dengan program Keterbukaan Informasi publik yang saat ini tengah gencar dilakukan oleh pemerintah. Dalam E-police ini, masyarakat bisa mengakses untuk melihat data-data yang dihimpun oleh pihak kepolisian di Bojonegoro.

“Istilahnya saat ini kita sudah tidak transparan lagi, tapi telanjang dan tidak ada yang ditutupi untuk masyarakat,” sambung Suyoto saat mendampingi Anas Yusuf.

Dalam acara ini, Tim dari Polres Bojonegoro juga menyajikan simulasi Sismandu (sistem pengamanan terpadu). Jika disinyalir ada bahaya di wilayah markas Polres Bojonegoro, maka alarm akan otomatis berbunyi diikuti dengan pintu gerbang yang langsung tertutup. Selanjutnya, tim dengan bersenjata laras panjang segera bersiap berjaga di bagian depan Mapolres. (lya/*acw)

Leave a Comment