Share

KIM Depok Pelopori Pembuatan Blog Se Kecamatan Kapas

Bojonegoro (Media Center) – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Depok, Desa Klompok Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, mempeloporori pembuatan blog melalui pelatihan kepada pemuda se wilayah setempat di ruang pertemuan desa setempat, Minggu (14/6/2015). Ada 50 peserta yang ikut dalam pelatihan tersebut.

Pelaksanaan pelatihan ini mendapat dukungan fasilitasi wi-fi oleh pemerintah desa setempat. Dalam pelatihan ini, para peserta memperoleh materi tentang pembuatan berita online dari General Manajer blokBojonegoro, Abdul Kohar, desain grafis oleh Jagad Ali dari Relawawan Teknologi dan Informatika (RTIK) dan tehnis pembuatan blog dari Didik Jatmiko, Ketua Bloger Bojonegoro.

Yang menarik dari pelatihan ini, tidak saja diikuti oleh pemuda, tapi juga beberapa kepala desa (Kades) di wilayah Kapas. Antara lain Kades Kedaton Heri, Kades Padang Mentoyo, dan Kades Bogo serta beberapa anggota PKK Desa Klampok.

“Ini menunjukan semangat yang luar biasa dari peserta. Saya sangat mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan KIM Depok,” ucap Sekretaris Kecamatan Kapas, Heru S saat membuka pelatihan.

Heru meminta, nantinya tidk hanya desa saja yg punya booth, ke camatan pun harus memiliki blog maupun web yang aktif yang dikelola secara profesional baik oleh pegawai negeri sipil (PNS) kecamatan maupun komunitas TI dari desa.

Sementara itu, Kades Klampok, Nurul Huda mengungkapkan, bahwa desanya sekarang ini sudah terkoneksi degan internet. Seluruh rumah di Desa Klampok sudah free wi-fi dan merasakan manfaat dari adanya jaringan internet.

“Dulunya ketika belum ada wi-fi para petani jamur di sini harus mengeluarkan tenaga dan biaya yang tak sedikit untuk menjajakan produknya. Tapi sekarang dengan adanya web dan blog yang dimiliki Desa maupun KIM, produk jamur kami sudah dikenal masyarakat luas” ucapanya.

Kepala Bidang (Kabid) Jaringan Komunikasi (Jarkom) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro, Joko Suhermanto, dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, bahwa apa yang dilakukan KIM Depok Desa Klampok ini patut diapresiasi.

“Dinkominfo selalu mensupport. Karena dengan perkembangan tehnologi informasi yang sangat pesat sekarang ii harus bisa memanfaatkan kemajuan TI untuk menigkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Joko.(acw)

Leave a Comment