Share

Klenteng Hok Swie Bio Gelar Sedekah Bumi

Ratusan warga berdesakan untuk mengikuti ritual sembahyang rebutan yang digelar di Klenteng Hok Swie Bio, Bojonegoro, Jawa Timur. Hal ini lantaran adanya kepercayaan yang menyebutkan limpahan berkah bagi mereka yang mengikuti ritual itu.

Bojonegoro (Media Center) – Ratusan warga berdesakan untuk mengikuti ritual sembahyang rebutan yang digelar di Klenteng Hok Swie Bio, Bojonegoro, Jawa Timur. Hal ini lantaran adanya kepercayaan yang menyebutkan limpahan berkah bagi mereka yang mengikuti ritual itu.

Ratusan warga terlibat dan berperan dalam ritual sembahyang rebutan atau juga disebut sebagai sedekah bumi atau manganan, sejak pagi hari mereka mulai berdatangan. Menurut kepercayaan yang ada, sedekah bumi tersebut merupakan bentuk rasa syukur kepada para dewa dan arwah leluhur yang telah berjuang sebelumnya dan melindungi umat hingga saat ini.

Ketua Klenteng Hok Swie Bio, Bojonegoro, Tan Tjien Hwat, mengatakan, sedekah bumi ini dilakukan setiap tahun pada tanggal 16 bulan tujuh penanggalan imlek. Dalam prosesinya, saat rebutan gunungan, ratusan warga menyerbu 37 gunungan setelah mendapat aba-aba dari pengurus klenteng.

Sebelumnya, umat klenteng melakukan ritual dengan menyembah para dewa, seperti dewa bumi, dewa welas asih dan dewa keadilan. Tak hanya rebutan gunungan, dalam rangkaian kegiatannya, juga dilaksanakan pagelaran wayang kulit, malam kesenian atraksi barongsai, dan pada puncaknya melakukan rebutan gunungan. (**mcb ).

Leave a Comment