Share

Kodim-KPH Bojonegoro Gelar Lomba Mewarnai Kelestarian Lingkungan

Bojonegoro, 5/5 (Media Center) – Seribuan siswa TK di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu, lomba mewarnai alam yang digelar Kodim 0813 bekerja sama dengan Kesatuan Pemangkutan Hutan (KPH) Bojonegoro, untuk memperkenalkan kelestarian lingkungan kepada anak,Sabtu.

“Tujuan utama lomba mewarnai untuk siswa TK ini untuk memperkenalkan kelestarian lingkungan kepada anak agar tertarik ikut menjaga kelestarian hutan,” kata Humas KPH Bojonegoro Markum, di Bojonegoro, Sabtu (5/5).

Menurut dia, tema lomba mewarnai bagi siswa TK yang diikuti seluruh lembaga pendidikan di daerah setempat mengambil tema alam, mulai lukisan flora fauna, pohon juga air dan lainnya yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan.

Kegiatan lomba mewarnai lingkungan digelar di halaman Kodim 0813 juga disaksikan langsung Komandan Kodim 0813 Letkol Arh. Redinal Dewanto dan Administratur KPH Bojonegoro Daniel B Cahyono, juga jajaran Pertamina EP Cepu (PEPC),

“Lomba mewarnai alam ini bukan bermaksud mencari juara, tapi memperkenalkan kelestarian lingkungan kepada anak,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, lembaga pendidikan TK yang ada di daerahnya itu memperoleh bantuan 400 bibit pohon juwet untuk ditanam di lingkungan lembaga pendidikannya masing-masing.

Selain itu, kata dia, KPH juga memberikan bantuan100 bibit pohon Trembesi (Samanea Sama) untuk ditanam di 22 koramil dan enam pos setara koramil.

“Kami juga akan menambah lagi bantuan 1.000 bibit pohon Mahoni untuk koramil,” ucap dia menjelaskan.

Pada kesempatan itu, Administratur KPH Bojonegoro Daniel B Cahyono kepada para siswa TK menjelaskan bahwa manusia bisa bernapas dari pohon. Sebab dengan adanya pohon maka daumnya bisa mengolah udara, yang disebut zat asam arang (CO2) menjadi oksigen.

“Satu pohon bisa memberi orang oksigen untuk bernapas 2-3 orang. Oleh karena itu adik -adik kalau punya pohon di rumah dirawat yang baik,” ucapnya. (*/mcb)

Leave a Comment