Share

Komisi C Minta Disbudpar Kembangkan Pariwisata di Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, meminta anggaran yang sudah disiapkan untuk melaksanakan program-program unggulan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata benar-benar dimaanfaatkan peruntukannya.

Ketua Komisi C, Wawan Kurnianto mengatakan, selama ini tempat-tempat lokasi wisata di Bojonegoro masih kurang menarik pengunjung. Sehingga, dengan adanya konsep yang matang dan renovasi bangunan bisa menarik masyarakat baik dari dalam daerah maupun luar daerah.

“Karena potensi wisata di Bojonegoro sangat unik dan menarik, harus dilakukan upaya bagaimana masyarakat tertarik dan meningkatkan pendapatan daerah,” pintanya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan dan Pelestarian Budaya, Disbudpar, Suyanto mengatakan, tahun ini segera melaksanakan 3 masterplan pariwisata unggulan. Diantaranya, pembangunan wahana wisata Tirtawana Dander, Kahyangan Api, dan Waduk Pacal.

“Kami membuat konsep wisata yang berbeda untuk masing-masing lokasi tersebut,” lanjutnya.

Konsep tersebut, kata Yanto sapaan akrabnya, Kahyangan Api akan dijadikan sebagai wisata malam dengan berbagai pernik hiburan dam souvenir. Sementara Waduk Pacal akan dikembangkan menjadi wisata kuliner warung apung atau warung di atas perahu yang terapung di air, sedangkan Tirtawana Dander, akan dijadikan wisata air .

Pihaknya menyampaikan, total anggaran yang disiapkan untuk ketiga masterplan tersebut sebesar Rp 10 miliar dari APBD tahun 2015. Antara lain, Kahyangan Api sebesar Rp 1,5 miliar, Waduk Pacal sebesar Rp 1,5 miliar, dan Tirtawana dander sebesar Rp 7 miliar.

“Kami targetkan tahun ini bisa selesai semua dan awal 2016 bisa dinikmati masyarakat luas,” tukasnya. (rin/*acw)

Leave a Comment