Share

Kontes Belimbing, Cari Bibit Varietas Lokal Unggulan

Buah belimbing milik Majid Hariyadi dinobatkan menjadi juara di ajang kontes belimbing, Sabtu (1/11/2014). Kontes belimbing ini merupakan salah satu rangkaian dalam acara Festival Belimbing yang digelar di Desa Ringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur.

Bojonegoro (Media Center) – Buah belimbing milik Majid Hariyadi dinobatkan menjadi juara di ajang kontes belimbing, Sabtu (1/11/2014). Kontes belimbing ini merupakan salah satu rangkaian dalam acara Festival Belimbing yang digelar di Desa Ringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur.

Belimbing milik Majid ini menjadi primadona karena selain ukuran yang besar, belimbing ini memiliki tekstur daging yang lembut serta rasa yang manis. Menurut salah satu juri festival lomba ini, Joko P dari Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, peserta kontes belimbing ini sebanyak 18 orang. Dari 18 peserta ini akhirnya terpilih lima besar sebagai juara I,II,III dan Harapan I serta Harapan II.

Ia menjelaskan, festival ini memilih belimbing yang memiliki kualitas prima yang dilihat dari geligir yang tebal dan lurus tidak berkelok. Selain itu rasa dan kandungan air juga mempengaruhi unsur penilaian. Festiva belimbing ini dalam rangka untuk mencari bibit unggul belimbing lokal Bojonegoro yang kemudian akan dikembangkan sebagai varietas lokal.

“Selama ini belimbing yang banyak dibudidayakan adalah varietas karangsari dan beberapa varietas dari luar Bojonegoro,” ujarnya.(humas/**mcb)

Berikut juara-juara dalam Kontes Belimbing :

Juara I           : Majid Hariyadi
Juara II         : Siswo
Juara III       : Hari
Harapan I     : Jiun
Harapan II   : Ahmad Jari

Leave a Comment