Share

Kuncen, Sentra Tahu di Padangan

Selain Kelurahan Ledok Kulon, Kabupaten Bojonegoro juga memiliki Desa Kuncen, Kecamatan Padangan sebagai sentra industri tahu. Jika produsen tahu di Ledok Kulon dipasarkan di wilayah Kecamatan Bojonegoro, maka hasil produksi Desa Kuncen ini memasok kebutuhan masyarakat di wilayah Blora, Jawa Tengah.

Bojonegoro (Media Center) – Selain Kelurahan Ledok Kulon, Kabupaten Bojonegoro juga memiliki Desa Kuncen, Kecamatan Padangan sebagai sentra industri tahu. Jika produsen tahu di Ledok Kulon dipasarkan di wilayah Kecamatan Bojonegoro, maka hasil produksi Desa Kuncen ini memasok kebutuhan masyarakat di wilayah Blora, Jawa Tengah.

Salah satunya Sapari (55) yang menggeluti usaha pembuatan tahu sejak puluhan tahun lalu. Usaha ini turun temurun dari kakeknya. Setiap harinya, Sapari memproduksi sebanyak satu sampai dua kwintal kedelai.

“Saya mulai melakukan usaha ini sejak tahun 1990,” ujarnya.

Proses produksi tahu yang dilakukan Sapari masih tradisional. Yakni menggunakan perapian dari kayu bakar. Setelah kedelai direndam dan bersihkan, selanjutnya dihaluskan dengan mesin penggiling kemudian direbus dalam sebuah tong selama 20 menit. Proses selanjutnya adalam pencetakan setelah dipres untuk mengurangi kadar airnya.

Ia mengaku, tak benyak kendala yang dihadapi dalam produksi tahu ini. Hanya satu masalah yang dihadapi adalah jika listrik padam. Sebab beberapa alat seperti slep, pengambilan air menggunakan pompa air listrik.

Produksi tahu yang dijalankan Sapari maupun perajin lainnya dilakukan secara mandiri. Sejak berdiri sampai saat ini belum pernah ada bantuan permodalan, alat, maupun pendampingan dari instansi terkait. Padahal jika usaha itu didorong akan melibatkan tenaga kerja cukup banyak dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.(**numcb)

Leave a Comment