Share

Lagi, 1 Ha Lahan Hutan di Bojonegoro Terbakar

Bojonegoro, Media Center – Dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro berhasil memadamkan kebakaran lahan hutan yang terjadi di petak 82 RPH Soko, KPH Bojonegoro tepatnya di Jalan Raya Dander – Ngasem Desa Sengdangharjo, Jumat (6/9/2019).

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Sukirno, menjelaskan kronologis kebakaran lahan hutan terjadi pukul 17.46 WIB. Tim pemadam tiba di lokasi kebakaran bersama satu unit armada pukul 18.18 WIB. Laju aramda terkendala pelaksanaan proyek pengecoran jalan yang berlokasi di Desa Dander dan Desa Ngunut.

“Api berhasil dipadamkan pukul 18.49 WIB,” ujarnya.

Akibat kejadian ini lahan hutan yang terbakar seluas sekitar 1 hektar. Tidak ada kerugian materiil. Hanya mengakibatkan matinya jasat renik dan tumbuhan bawah.

“Dugaan sementara akibat dibakar orang yang tidak dikenal,” pungkasnya.

Peristiwa ini menambah daftar jumlah kebakaran lahan hutan di Bojonegoro. Sesuai data di BPBD, kejadian kebakaran lahan dan hutan mulai Januari sampai Agustus, tercatat 26 kejadian. Sedangkan untuk kejadian kebakaran pemukiman tercatat 39 kejadian baik rumah, dapur, dan kandang.(Dwi)

Leave a Comment