Share

Langit Tobo Ulas Budaya Barat

Bojonegoro (Media Center) – Bridget Ginty, relawan pendidikan dari New Hampshire, Amerika Serikat, berbagi ilmu pengetahuan dan kebudayaan Amerika dengan para pemuda desa di acara Kenduri Langit Tobo yang diadakan di Balai Desa Sedah Kidul, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (7/6) kemarin.

Lulusan Hubungan Internasional George Washington Amerika Serikat, selama dua tahun ini mengajar bahasa Inggris di SMK Negeri Purwosari. Ia bercerita tentang kebudayaan Amerika yang banyak dipengaruhi oleh para pendatang.

“Orang Amerika itu beragam,” ujar Bridget saat bercerita dengan bahasa Indonesia yang agak terbata-bata.

Ia pun bercerita tentang ras di Amerika yang beragam itu. Penduduk Amerika, kata dia, sekitar 72% merupakan orang kulit putih yang dikenal dengan sebutan kaukasian, kemudian sekitar 12,6% penduduknya keturunan Afrika-Amerika atau yang dikenal sebutan Afro-Amerika. Selebihnya, sekitar 4,8% keturunan Asia, dan campuran sekitar 2,9%.

“Kebudayaan Amerika banyak dipengaruhi oleh para pendatang ini,” ucapnya.

Usai menceritakan sedikit tentang kondisi terkini negaranya, Briget mengungkapkan apresiasinya pada warga Indonesia yang masih memegang teguh adat budayanya.

“Tetapi memang saya akui warga di Indonesia lebih kuat memegang kebudayaan tradisionalnya ketimbang di Amerika. Saya lihat di Indonesia perayaan tradisional selalu diadakan pada saat-saat tertentu dan diikuti banyak orang,” ujarnya.

Para pemuda desa yang mengikuti kajian bertema mengenal kebudayaan Amerika ini cukup antusias. Beberapa kali para pemuda desa dari Kecamatan Gayam, Purwosari, Padangan, dan sekitarnya bertanya mengenai kehidupan di Amerika yang selama ini dilihat di televisi atau dari film-film.

Acara Kenduri Langit Tobo kali ini selain menghadirkan Bridget Ginty, juga diselingi dengan berbagai hiburan yang menarik. Di antaranya penampilan ludruk Sendang Potro oleh Cak Rasyidin, nyanyian dan puisi oleh Aguk Sudarmojo, penampilan stand up comedy oleh Yudha Satria Aditama dan pembacaan puisi. Sejak awal acara hingga selesai berlangsung gayeng.(muh/*mcb)

Leave a Comment