Share

Lantik 109 Kades, Bupati: Segera Tentukan Arah Kebijakan 6 Tahun

Bojonegoro, Media Center – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah melantik 109 kepala desa (kades) terpilih Senin (6/3/2020). Para kades merupakan hasil Pilkades Serentak Gelombang III tahun 2020. Pelantikan tahap III ini dilaksanakan oleh Bupati Anna Mu’awanah melalui video conference di ruang Command Center Gedung PIP lantai II Jalan AKBP.M Soeroko 11 Bojonegoro.

Usai pengambilan sumpah jabatan, Bupati Anna Mu’awanah meminta 109 kades langsung menyiapkan kerja selama masa jabatan enam tahun. Bupati mengingatkan bahwa sumpah jabatan mengandung tanggungjawab besar terhadap masyarakat. Para kades juga diminta menjadi pemimpin untuk semua warga.

“Jadi kalau sudah dilantik adalah kepala desa seluruh warga, baik memilih maupun tidak memilih. Semua warga desa. Sehingga tidak boleh ada like and dislike,” tutur Bupati Senin (6/3/2020).

Bupati meminta dengan tegas kepada 109 kades yang dilantik agar segera melakukan langkah-langkah sesuai kewenangan untuk memajukan desa masing-masing. Salah satu caranya dengan merangkul semua kepentingan. “Segera tentukan arah kebijakan 6 tahun kedepan,” tegasnya.

Para kades, pesan bupati, harus memaksimalkan peran perangkat desa agar bisa menjalankan tugas sesuai fungsi. Yakni sekretaris desa dan para kepala urusan (kaur) yang ada. Karena dengan pelaksanaan tugas yang jelas akan memudahkan arah kebijakan.

Sebelumnya Bupati Anna Mu’awanah telah melantik 24 kades terpilih tahap I pada 1 April 2020 lalu. Sedang pelantikan tahap IV rencananya akan digelar pada1 Mei 2020 mendatang. Pelantikan sendiri tidak digelar serentak sebagaimana biasanya, melainkan digelar bertahap lantaran kondisi saat ini di bawah status Kondisi Luar Biasa (KLB) virus corona covid-19.(NN)

Leave a Comment