Share

Lapor ! Dilaunching Awal Juli

“Mari kita manfaatkan ini, demi kemajuan Bojonegoro tentunya,” pungkasnya. Saat ini, tim admin Lapor ! di Bojonegoro telah mengajukan saluran khusus untuk Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk admin aplikasi Lapor ! dari Unit Kerja Presiden (UKP4) di Bojonegoro, Jawa Timur telah dilaksanakan sejak pertengahan bulan Juni lalu, rencananya aplikasi ini bakal diluncurkan pada 1 Juli mendatang.

Penerapan aplikasi berbasis jejaring sosial ini merupakan sistem yang semakin memperluas akses masyarakat Bojonegoro dalam menyuarakan aspirasinya. Sebagai bagian dari program nasional, Bojonegoro termasuk kabupaten yang bakal secara formil menerapkan aplikasi ini.

“Masyarakat dapat melaporkan dan mengusulkan berbagai hal, nantinya akan ditanggapi langsung oleh SKPD di Pemkab Bojonegoro,” jelas Kusnandaka Tjatur, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro.

Bahkan, antusiasme warga Bojonegoro telah terlihat sebelum peluncuran aplikasi ini, sejumlah laporan telah masuk dan diketahui oleh UKP4. Bahkan beberapa SKPD juga telah merespon keluhan dan aspirasi warga tersebut.

Pengaduan dan usulan dalam aplikasi Lapor ! ini menggunakan dua jalur, yakni melalui pesan pendek (SMS) ke nomer 1708 dan melalui website lapor.ukp.go.id. “Untuk jalur SMS, format yang digunakan adalah BJN spasi ISI ADUAN/ASPIRASI,” tambahnya.

Sementara untuk yang memilih menggunakan jalur web, bisa login di website lapor.ukp.go.id. Login di web tersebut, warga dapat langsung klik daftar ataupun login melalui akun jejaring sosial. “Selain itu, pihak UKP4 telah menyediakan aplikasinya untuk smartphone, termasuk blackberry maupun android,” jelasnya.

Karena ditangani tim kepresidenan, maka aplikasi ini tentunya akan menjadi salah satu prioritas respon dari SKPD-SKPD yang ada di Pemkab Bojonegoro. “Mari kita manfaatkan ini, demi kemajuan Bojonegoro tentunya,” pungkasnya. Saat ini, tim admin Lapor ! di Bojonegoro telah mengajukan saluran khusus untuk Bojonegoro, yang nantinya semua aspirasi dari warga Bojonegoro bakal mudah terpantau dan akan ditampilkan secara transparan. (*/mcb )

Leave a Comment