Share

Lebaran Ketupat, Harga Daging Stabil

Lebaran ketupat yang diperingati setiapa hari ke-tujuh setelah Idul Fitri, membuat penjualan daun kelapa di pasar-pasar yang ada di Bojonegoro, Jawa Timur mengalami peningkatan. Tak hanya daun kelapa, beberapa komoditi yang selalu mengiringi makanan khas jawa ini juga semakin diburu.

Bojonegoro (Media Center) – Lebaran ketupat yang diperingati setiapa hari ke-tujuh setelah Idul Fitri, membuat penjualan daun kelapa di pasar-pasar yang ada di Bojonegoro, Jawa Timur mengalami peningkatan. Tak hanya daun kelapa, beberapa komoditi yang selalu mengiringi makanan khas jawa ini juga semakin diburu.

Berbagai pilihan menu pengiring menjadi favorit, diantaranya adalah gulai dan kikil sapi. Hal ini tentu saja membuat penjualan daging laris manis, meski laris namun harga daging masih cukup stabil selama ramadhan dan lebaran usai. Untuk daging kualitas super, harga tertinggi berkisar pada angka Rp95 ribu/kg, sementara untuk kualitas biasa seharga Rp80 ribu/kg.

Dengan harga yang stabil, penjualan daging meningkat hingga dua kali lipat dibanding hari biasa maupun saat ramadhan. Hal ini diakui oleh Komariyah, salah satu pedagang daging di Pasar Banjarejo, Bojonegoro, ia mengaku dapat menghabiskan sat ekor sapi setiap harinya sejak lebaran tahun ini.

“Kalau hari biasa, satu ekor sapi ‘paroan’ dengan pedagang lainnya,” jelasnya. Ia mengaku, meski memeiliki pelanggan tetap seperti pengusaha bakso dan pembeli rumah tangga, namun memang diakui peningkatan pembeli terjadi sejak jelang hari raya kemarin. (**mcb)

Leave a Comment