Share

Lelang Akik, Bupati Suyoto Tandai Festival Watu Aji Nusantara

Bojonegoro (Media Center) – Festival Watu Aji Nusantara yang digelar di Kabupaten Bojonegoro resmi dibuka di Gedung Serbaguna, Kamis (9/4/2015). Pembukaan ini ditandai dengan pelelangan Batu Akik yang dikenakan Bupati Bojonegoro, Suyoto.

Acara yang akan digelar selama empat hari kedepan ini tak hanya diikuti oleh perajin dan penjual batu mulia dari Bojonegoro. Melainkan rombongan dari berbagai daerah turut memeriahkan festival yang akan berlangsung hingga Minggu (12/4/2015) mendatang. Beberapa penjual dan perajin dari kalimantan, Bengkulu hingga Aceh tampak mengisi stan yang telah disediakan.

Suyanto, Kabid Pelestarian dan Pengembangan Budaya Dinas Pariwisata Kabupaten Bojonegoro mengatakan, pihak panitia telah menyiapkan 75 stan. Dari jumlah tersebut, lebih dari separuh telah terisi.

“Nanti malam akan ada peserta yang datang. Semua sudah konfirmasi dan sedang dalam perjalanan menuju Bojonegoro,” jelasnya.

Sementara itu, Agus Sigro, salah satu panitia menyebutkan, festival watu aji ini juga akan menggelar kontes batu akik. Ada beberapa kriteria yang dilombakan dengan juri yang didatangkan dari luar Bojonegoro. Menurut jadwal, kontes batu akik akan digelar Jumat besok.

“Yang pasti juri yang berkompeten dan ahli di bidang ini,” tukasnya.

Pada hari pertama, tampak pengunjung yang merupakan penggemar batu akik memadati stan. Tak hanya menjual batu akik yang sudah jadi, beberapa peserta juga menjual akik dalam bentuk perhiasan cincin dan liontin. Selain itu juga menjual dalam bentuk mentah atau bongkahan serta dudukan batu yang biasa disebut emban.(Lya/dwi)

Leave a Comment