Share

Mahalnya Pendidikan di SMT Sesuai Dengan Kualitas

Banyak yang menganggap Sekolah Model Terpadu di Desa Sukowati, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, adalah sekolah yang mahal dan hanya memberatkan bagi wali murid selama ini.

Bojonegoro Media Center) – Banyak yang menganggap Sekolah Model Terpadu (SMT) di Desa Sukowati, Kecamatan Kapas adalah sekolah yang mahal dan hanya memberatkan bagi wali murid selama ini.

Karsono (49), salah satu wali murid mengatakan, biaya pendidikan di SMT sangat besar padahal telah mendapatkan anggaran dari APBD tiap tahunnya. Bahkan, guru pendidik yang ada sekarang ini masih terdapat Guru Tidak Tetap atau GTT.

“Seharusnya yang ditempatkan itu guru negeri semua jangan ada GTT nya, jadi beban biaya tidak semakin besar,”jelasnya.

Menurut Bupati Bojonegoro, Suyoto, anggapan ini menjadi pembelajaran bersama, bahwa perlu adanya pengertian dan pemahaman bagaimana sistem pendidikan di SMT yang dinilai berbeda.

” SMT itu, meski sudah mendapatkan dana dari Pemkab namun jumlahnya masih kurang,” ujarnya.

Oleh sebab itu, sejak pertama kali menjabat sebagai Bupati, tidak pernah mengatakan istilah pendidikan gratis, tapi jika membebaskan SPP masih bisa dilakukan. Karena pendidikan menyangkut dengan selera, semakin besar seleranya semakin besar biayanya.

“Apalagi programnya dibuat semakin tinggi dan optimal,” tambahnya.

Kang Yoto melanjutkan, apabila tenaga guru yang ada di SMT memberikan pengajaran yang maksimal dan kualitas yang mumpuni, mereka juga berhak diberikan insentif.

” Jangan membandingkan dengan kondisi jaman dahulu, dimana guru tidak mendapatkan insentif meski memberikan pembelajaran yang optimal,” tukasnya.

Sementara untuk penempatan guru, tidak mungkin semua guru terbaik di Bojonegoro hanya ditugaskan di SMT saja. Karena jika itu dilakukan maka hak pendidikan terbaik hanya dapat dirasakan oleh segelintir orang.

“Jadi yang betul mari bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan, jangan yang berkualitas dikumpulkan jadi satu,”tegasnya. (re/**mcb)

1 Comment on this Post

  1. Kuncoro

    Kalo dibilang mahal ya nggak.klo pingen murah ya sekolah dipelosok aja.pasti murah dan gurunya sedikit.kalo ngajar asal asalan,krn muridnya tak minat belajar.

    Reply

Leave a Comment