Share

Masa Panen, Harga Gabah Turun lagi

Harga jual gabah terus turun seiring berlangsungnya panen raya padi di daerah bantaran Sungai Bengawan Solo. Suyadi menyebutkan, semula harga gabah hasil panen bisa mencapai Rp4.200 hingga Rp4.300 per kilogram. Tetapi, harga gabah itu terus turun menjadi Rp4.000/kg kemudian turun lagi menjadi Rp3.800/kg dan kini harga gabah di kisaran Rp3.600/kg.

Bojonegoro (Media Center) – Harga jual gabah terus turun seiring berlangsungnya panen raya padi di daerah bantaran Sungai Bengawan Solo. Suyadi menyebutkan, semula harga gabah hasil panen bisa mencapai Rp4.200 hingga Rp4.300 per kilogram. Tetapi, harga gabah itu terus turun menjadi Rp4.000/kg kemudian turun lagi menjadi Rp3.800/kg dan kini harga gabah di kisaran Rp3.600/kg.

Suyadi, salah satu petani di Desa Ngraho, Kecamatan Gayam mengaku tidak mengetahui pasti penyebab turunnya harga gabah hasil panen tersebut. Namun, ia memperkirakan penyebab turunnya harga gabah itu dipengaruhi adanya panen raya padi di sejumlah daerah.
Biasanya hasil panen padi dari petani di daerah bantaran Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro ini banyak dibeli oleh pemborong dari daerah Kudus, Pati, dan Blora, Jawa Tengah. Namun, kata Suyadi, para pemborong dari Jawa Tengah kini banyak mengambil hasil panen padi di daerah Jawa Tengah.

Sementara itu menurut Bupati Bojonegoro, Suyoto, para petani di daerah bantaran Bengawan Solo kini dapat tersenyum lega karena berhasil memanen padi dengan kualitas baik. Sebelumnya, kata dia, petani di daerah bantaran Bengawan Solo selalu gagal panen saat musim hujan karena persawahan tergenang banjir.

Areal persawahan di sepanjang bantaran Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro seluas 14.889 hektare dan tersebar di 101 desa mulai di wilayah Kecamatan Margomulyo hingga Kecamatan Baureno.
Produksi padi di Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2014 lalu mencapai 853.237 ton dari luas areal persawahan seluas 150.962 hektare. Sedangkan, target produksi padi pada tahun 2015 sebanyak 1.020.530 ton dari luas lahan 161.989 hektare dengan produktifitas padi 6,3 ton per hektare. (**mcb)

Leave a Comment