Share

Masih Bertugas, Penarikan Sekdes PNS Tunggu Instruksi Bupati

Bojonegoro, 5/9 (Media Center) – Kabid Pemerintah Desa dan Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Sugeng Firmanto menyampaikan, hingga saat ini ada sekitar 100 orang lebih sekretaris desa yang masih bertugas meskipun berstatus pegawai negeri sipil atau PNS.

“Mereka ini pada awalnya bukan PNS, tapi asli sebagai Sekdes. Kemudian diangkat menjadi PNS karena ada arahan dari pemerintah pusat,” ujarnya, Selasa (5/9).

Menurutnya, ratusan Sekdes tersebut bisa jadi ditarik ke lingkup pemerintah kabupaten Bojonegoro. Hal itu tergantung perintah dari Bupati Bojonegoro yang berhak mengatur keberadaan PNS di Bojonegoro.

“Untuk sementara, para sekdes ini masih bertugas di desa masing-masing. Tapi bisa saja ditarik sesuai arahan Bupati,” imbuhnya.

Sementara itu, bagi sekretaris desa terpilih usai pengisian perangkat desa pada Desember 2017 mendatang, Sugeng memastikan tidak ada pengangkatan PNS. Karena pengangkatan status PNS bagi perangkat desa merupakan perintah dari Pemerintah Pusat.

“Itu kewenangan pusat, kalau ada arahan seperti itu, pasti dilaksanakan. Tapi sampai sekarang belum ada perintah atau aturan yang memberlakukan status PNS bagi sekretaris desa mendatang,” pungkasnya.(*dwi/mcb)

Leave a Comment