Share

Mendekati Idul Adha, Harga Sapi Merangkak Naik

Harga sapi di sejumlah pasar hewan di Kabupaten Bojonegoro merangkak naik seiring mendekati Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah yang jatuh pada Minggu, 05 Oktober 2014. Harga sapi rata-rata naik sekitar Rp500.000 hingga Rp1 juta dari sebelumnya.

Bojonegoro (Media Center) – Harga sapi di sejumlah pasar hewan di Kabupaten Bojonegoro merangkak naik seiring mendekati Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah yang jatuh pada Minggu, 05 Oktober 2014. Harga sapi rata-rata naik sekitar Rp500.000 hingga Rp1 juta dari sebelumnya.
Menurut Tholib, pedagang sapi di Pasar Hewan Padangan, kenaikan harga sapi baik jenis jawa maupun jenis lainnya seperti limosin mulai terasa sejak sebulan lalu. Namun, mendekati hari raya kurban kenaikan harga sapi semakin terlihat.

“Sapi jenis jawa yang permintaannya paling banyak untuk kurban. Kenaikan harga sapi jenis jawa ini yang paling mencolok,” ujarnya.

Tholib mengatakan, permintaan sapi jenis jawa saat mendekati hari raya kurban juga naik dua kali lipat dibandingkan sebelumnya. Pada hari biasa ia biasanya hanya menjual 4-5 ekor sapi jawa. Namun, semenjak sepekan terakhir ini ia bisa menjual sekitar 9-10 ekor.

Sapi dari daerah Bojonegoro dikenal cukup bagus dan harganya murah. Sapi dari Pasar Hewan Padangan misalnya banyak dikirim untuk memenuhi permintaan di Semarang, Jakarta, dan Yogyakarta.

Selain itu, kata Tholib, sapi yang dijual di Pasar Hewan Padangan ini juga untuk memenuhi permintaan pasar lokal Bojonegoro. Perdagangan sapi di Pasar Hewan Padangan bisa mencapai ribuan ekor. Sedangkan, harga jual sapi tergantung dari ukuran dan bobot sapi yakni mulai Rp7 juta sampai Rp20 juta.

Perdagangan sapi di Pasar Hewan Banjarjo Bojonegoro juga tampak ramai saat mendekati hari raya Kurban. Sapi yang dijualbelikan di Pasar Hewan Banjarjo bisa mencapai ribuan ekor.

Menurut Pelaksana Harian Kepala Pasar Hewan Banjarjo, Memed, para pedagang sapi atau blantik yang berdagang di pasar hewan berasal dari Bojonegoro dan luar daerah. Saat ini, banyak blantik sapi yang mencari sapi di daerah Bojonegoro lalu dikirim ke luar daerah. (**mcb)

Leave a Comment