Share

MenPAN-RB Beri Wewenang Kepala Daerah Pecat ASN Terbukti Pungli

Bojonegoro, 21/10 (Media Center) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (MenPAN-RB) Asman Abdur saat mengunjungi Kabupaten Bojonegoro, Rabu (19/10) menyampaikan beberapa hal. Salah satunya adalah ia berjanji akan menindak tegas aparatur sipil negara (ASN) yang terbukti melakukan pungutan liar (Pungli).

Ia beranggapan, perilaku pungli ini merupakan penyakit lama yang susah disembuhkan dan tak ada habisnya. “Tapi ini nggak boleh kita biarkan. karena pungli ini sudah menjadi penghalang yang selalu setiap hari dirasakan oleh rakyat. Nah, untuk itu kita akan bersama-sama tegas mengawasinya,”  kata Asman usai menjadi narasumber dalam diskusi panel Festival OGP di Gedung Pemkab Bojonegoro.

Tindakan tegas yang bisa diberikan pada ASN pelaku pungli pada pelayanan perizinan, menurut Asman bisa berujung pada pemecatan. “Saya tidak akan segan-segan untuk memecatnya,” tegasnya.

Tak sampai di situ, ia bahkan memberi kewenangan penuh kepada kepala daerah untuk menjatuhkan sanksi tegas bagi ASN yang terbukti melakukan pungli. “Karena kepala daerah juga memiliki tanggungjawab membina aparaturnya, tanpa harus mengusulkan kepada MenPAN bisa langsung memecat ASN,” pungkasnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment