Share

Menuju Desa Agrowisata, Kecamatan Dander Tanam Kelengkeng dan Pepaya California

Potensi wisata Taman Tirta Wana di Desa/Kecamatan Dander, menjadi modal bagi pemerintah desa setempat untuk mewujudkan Dander sebagai desa agrowisata. Guna mendukung program ini, pemerintah desa tengah mengembangkan tanaman kelengkeng dan pepaya kalifornia.

Bojonegoro (Media Center) – Potensi wisata Taman Tirta Wana di Desa/Kecamatan Dander, menjadi modal bagi pemerintah desa setempat untuk mewujudkan Dander sebagai desa agrowisata. Guna mendukung program ini, pemerintah desa tengah mengembangkan tanaman kelengkeng dan pepaya kalifornia.

Ada sebanyak 500 bibit kelengkeng yang dibagikan kepada warga melalui Ketua Rukun Tetangga (RT). Ratusan bibit kelengkeng itu merupakan bantuan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bojonegoro.

“Satu RT mendapat 10 bibit untuk dibagikan kepada warganya agar ditanam di lahan pekarangan,” kata Kepala Desa Dander, Kiswoyo.

Sebelumnya, tiga tahun lalu Desa Dander juga mendapat bantuan bibit serupa sebanyak 500 bibit. Bahkan sekarang ini Kelengkeng tersebut telah berbuah.

“Saya harapkan ada penambahan bibit lagi bagi warga. Karena bibit yang diberikan sekarang belum merata,” ujar Kiswoyo.

Menurut Kiswoyo, Desa Dander sangat prospek dijadikan Agrowisata. Karena selain memiliki potensi wisata, juga lahan yang luas dan subur. Untuk itu disamping membudidayakan tanaman kelengkeng, Desa Dander juga tengah melakukan uji coba tanaman pepaya California.

Saat ini, lajut Kiswoyo, jumlah bibit pepaya kalifornia yang ditanam warga sebanyak 150 pohon. Sedangkan yang demplot dari Dinas Pertanian sebanyak 250 pohon.(**mcb)

Leave a Comment