Share

Minta Masyarakat Tak Was-Was Konsumsi Buah

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bojonegoro Basuki meminta agar warga tetap mengkonsumsi buah-buahan. Ia menjamin, dengan hasil uji lab yang dilakukan pihak Dinas Kesehatan dan hasil yang negatif, penjual dan pembeli tak merasa was-was dengan keberadaan apel impor.

Bojonegoro (Kanal Bojonegoro) – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bojonegoro Basuki meminta agar warga tetap mengkonsumsi buah-buahan. Ia menjamin, dengan hasil uji lab yang dilakukan pihak Dinas Kesehatan dan hasil yang negatif, penjual dan pembeli tak merasa was-was dengan keberadaan apel impor.

” Mengkonsumsi buah ini termasuk 4 sehat 5 sempurna, jadi tidak usah khawatir, karena di Bojonegoro tak ditemukan apel berbahaya,” katanya.

Hasil uji laboratorium kandungan bakteri Listeria monoctogenes di beberapa sample apel impor di Kabupaten Bojonegoro menunjukkan hasil negatif. Hal ini berarti, tak ada kandungan bakteri Listerosis dalam buah apel yang beredar di Bojonegoro.

“Semua apel impor yang telah diambil sample dinyatakan bebas dari bakteri Listerosis dan aman dikonsumsi. Namun, untuk jenis apel Gala Royal mengandung pestisida meski dalam jumlah wajar dan tidak berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi,” jelas Ahmad Hernowo, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Bojonegoro saat dihubungi melalui telepon seluler, Sabtu (31/1/2015).

Namun pihaknya mengimbau agar warga tetap mencuci apel dan buah-buahan lainnya sebelum dikonsumsi. Meski jumlah pestisida masih jumlah wajar, namun jika masyarakat masih ragu dianjurkan untuk mengupas apel terlebih dulu.(**mcb)

Leave a Comment