Share

Musim Hujan, Bangunan SD Sumberoto Rawan Ambruk

Jelang musim penghujan yang diprediksi akan mulai pada akhir November ini membuat siswa dan guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sumberoto, Kecamatan Kepohbaru, Bojonegoro khawatir. Hal ini karena bangunan sekolah yang ditempati kegiatan belajar-mengajar ini sudah lapuk dan nyaris ambruk.

Bojonegoro (Media Center) – Jelang musim penghujan yang diprediksi akan mulai pada akhir November ini membuat siswa dan guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sumberoto, Kecamatan Kepohbaru, Bojonegoro khawatir. Hal ini karena bangunan sekolah yang ditempati kegiatan belajar-mengajar ini sudah lapuk dan nyaris ambruk.

Kondisi ruang kelas sangat memprihatinkan. Terlebih lagi saat musim hujan, bangunan yang berdiri sejak tahun 1970an ini sudah lapuk di beberapa bagian. Bahkan, biasanya siswa harus dipulangkan lebih awal saat hujan turun untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Hal ini seperti yang dikatakan Kepala SDN Sumberoto, Pratiwi Rahayu. Ia merasa khawatir jika bangunan ambruk saat ada siswa di dalam ruang kelas, hal ini membuatnya terpaksa memulangkan siswa lebih awal saat hujan turun atau disertai angin.

“Kalau musim hujan, kami khawatir, karena bangunan yang sudah lapuk. Daripada beresiko jadi kami pulangkan anak-anak lebih cepat,” ujarnya.

Bangunan yang rawan roboh ini dihuni oleh siswa kelas 1, 2, serta kelas 5 yang berjumlah sekitar 45 siswa. Bangunan sekolah ini belum pernah direnovasi sejak diresmikan 1970 lalu. Meski begitu beberapa bantuan telah diterima, namun baru diperbaiki tiga ruang lainnya. Para siswa dan pengajar berharap agar pemerintah tanggap dan segera memperbaiki ruang kelasnya agar proses belajar mengajar juga nyaman. (**mcb)

Leave a Comment