Share

Nyaris Jebol, Warga Temu Perbaiki Tanggul Apuringas

Warga Desa Temu, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro melakukan kerja bakti untuk meninggikan tanggul kali Apuringas. Para warga resah lantaran tanggul yang membelah wilayah desa Temu dengan Keduangarum itu nyaris jebol dan mengancam ratusan hektare tanaman padi milik warga setempat.

Bojonegoro (Media Center) – Warga Desa Temu, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro melakukan kerja bakti untuk meninggikan tanggul kali Apuringas. Para warga resah lantaran tanggul yang membelah wilayah desa Temu dengan Keduangarum itu nyaris jebol dan mengancam ratusan hektare tanaman padi milik warga setempat.

Sentot Pranoto, Kepala Desa Temu, mengatakan, perbaikan dilakukan sepanjang 20 meter. Tanggul tersebut nyaris jebol akibat diguyur hujan selama tiga terakhir. Tak hanya itu, tingginya debit air juga memicu tanggul kali dengan lebar 3 meter itu ambles dan longsor. “Selain satu titik tanggul yang nyaris jebol, dua titik tanggul lainnya juga sudah longsor dan ambles,” jelasnya.

Mendengar kondisi tanggul yang mulai kritis, warga langsung berangkat ke titik tanggul yang kritis dengan menggunakan peralatan, cangkul, karung dan pohon bambu. “Titik tanggul kali yang kritis ditancapi pohon bambu kemudian diuruk dengan karung yang diisi tanah. Kurang lebih menghabiskan 500 karung,” ujarnya.

Menurut Sentot, kerja bakti pembangunan tanggul itu untuk mengantisipasi melubernya air kali Apuringas ke persawahan warga. Tercatat, di Desa temu lahan seluas 135 hektare milik warga kini sedang ditanami padi. Umur padi itu rata-rata sudah mencapai 2,5 bulan, bahkan sebagian sudah siap panen.(**mcb)

Leave a Comment