Share

Padi Siap Panen Roboh Diterjang Angin Kencang

Hujan deras yang disertai angin kencang yang terjadi beberapa hari ini membuat belasan hektar tanaman padi di Desa Mojoranu, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro siap panen roboh, Minggu (8/2/2015).

Bojonegoro (Media Center) – Hujan deras yang disertai angin kencang yang terjadi beberapa hari ini membuat belasan hektar tanaman padi di Desa Mojoranu, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro siap panen roboh, Minggu (8/2/2015).

Salah satu petani, Sudirman (50), mengatakan, hujan yang turun disertai angin kencang yang terjadi menjelang petang akhir-akhir ini membuat tanaman padi di sawahnya roboh dan tidak beraturan.

“Alhamdulillah tidak rusak berat, hanya roboh saja,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, ada 0,5 Ha sawah miliknya yang diterjang hujan dan angin. Sementara sawah lainnya hampir 12 Ha meski dengan kondisi kerusakan yang berbeda.

“Ada lahan milik petani lain yang rusak, tepatnya tanaman padi yang ada dipinggiran,” imbuhnya.

Untuk menyiasati agar bisa dipanen 20 hari lagi, tanaman padi yang sudah roboh diikat dan diberi kayu ditengahnya agar bisa tegak berdiri dan tidak rusak saat diterjang angin kencang.

“Kalau tidak diikat begini, bisa-bisa tanaman rusak karena masih menunggu sekitar 3 minggu lagi panennya,” tandas warga Mojoranu Rt 04 ini. (re/**mcb)

Leave a Comment