Share

Pasar Hewan Balongcabe, Dibuka Kembali

Pasar hewan di Dusun Brambang, Desa Balongcabe, Kecamatan Kedungadem kembali difungsikan setelah 5 tahun vakum

Bojonegoro (Media Center) – Pasar hewan di Dusun Brambang, Desa Balongcabe, Kecamatan Kedungadem kembali difungsikan setelah 5 tahun vakum. Sebagai tanda dibukanya pasar hewan itu dilangsungkan tasyakuran yang dihadiri 60 pedagang (blantik) kambing se Kecamatan Kedungadem dan beberapa kecamatan lain sekitar dan KKN mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.

“Kami harapkan dengan difungsikannya kembali pasar hewan ini dapat menggugah semangat pedagang di sekitar pasar itu untuk bersama sama memanfaatkn potensi pasar hewan ini,” kata Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kedungadem, Mahmudi.

Dilihat dari letak geografis, pasar hewan tersebut memiliki nilai sangat strategis, karena terletak antara Kecamatan Sumberrejo, Kecamatan Balen, dan Kecamatan Kedungadem. Saat ini pasar hewan itu terus dilakukan pembenahan.

Purwanto, salah satu blantik asal Tlogohaji, Kecamatan Sumberejo, mengku senang dengan dibukanya pasar hewan ini. Namun untuk mendukung kegiatan jual beli hewan ada sejumlah fisik yang perlu dilakukan pembenahan.

“Semisal pembangunan atap, tempat permanen untuk mengikat hewan,” katanya. Setelah tasyakuran pasar hewan itu akan secara resmi dibuka kepala desa Balongcabe agar potensi pasar kedepannya dapat berkembang lebih baik.

“Saya harapkan pasar ini nantinya dapat difungsikn secara optimal sehingga berjalan dengan baik dan mampu memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sehingga dapat menunjang visi Bojonegoro sebagai lumbung pangan negeri khususnya di peternakan,” sambung Mhmudi kembali.

Disamping itu, pihak kecamatan juga berharap agar mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang melakukan KKN di wilayah Kedungadem agar tetap memberikan kontribusi positif baik selama KKN atau setelahnya sehingga keberlanjutan pasar hewan di Dusun Brambang dapat dikembangkan terus. (numcb)

Leave a Comment