Share

Pasar Jetak dan Eks Terminal Rajekwesi Bakal Jadi Taman

ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan DKP ingin menjadikan Pasar Jetak sebagai kawasan RTH. Diantaranya pasar tersebut sudah tidak berfungsi maksimal. Artinya sekarang ini di pasar itu hanya terdapat beberapa pedagang

Bojonegoro (Media Center) – Belum terpenuhinya prasyarat yang diberlakukan oleh Undang Undang (UU) Lingkungan Tahun 2007, membuat Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur terus berbenah. Diantaranya adalah dengan memprogramkan penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan perkotaan.

Pasar Jetak di Kecamatan Bojonegoro adalah salah satu lokasi yang bakal diubah fungsinya. Dalam UU Lingkungan tersebut disyaratkan jumlah 20 persen dari total luas wilayah harus berupa RTH, sementara menurut Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), RTH di kawasan Kota Bojonegoro belum mencapai angka 10 persen.

Pasar Jetak yang berlokasi di Kelurahan Jetak merupakan aset Kelurahan yang akan dibebaskan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Bagian Perlengkapan untuk dijadikan RTH berupa taman baru di kawasan perkotaan. “Sistimnya nanti seperti apa tergantung dari hasil pembicaran dari Bagian Perlengkapan dengan pihak kelurahan dan persetujuan DPR. Setelah ada pelimpahan ke Pemkab baru nanti akan dijadikan kawasan ruang terbuka hijau,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Bojonegoro, Nurul Azizah.

Nurul menerangkan, ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan DKP ingin menjadikan Pasar Jetak sebagai kawasan RTH. Diantaranya pasar tersebut sudah tidak berfungsi maksimal. Artinya sekarang ini di pasar itu hanya terdapat beberapa pedagang. “Selain itu juga untuk menambah kawasan ruang terbuka hijau di wilayah kota,” tegasnya.

Menurut Nurul, di Bojonegoro saat ini kawasan RTH baru mencapai kisaran 8-9 persen dan 5 persen untuk lahan privat. “Saya harapkan pembahasannya bisa segera selesai sehingga setelah PAK bisa langsung action,” pungkas Nurul.

Selain Pasar Jetak, bekas terminal Rajekwesi di Kelurahan Jetak juga akan disulap menjadi taman inovasi. Di tempat itu selain ada taman, juga akan dilengkapi permainan anak-anak dan kulinar khas Bojonegoro yang memiliki standar khusus. (*/numcb)

Leave a Comment