Share

Pastikan Stok Elpiji 3 Kg Aman

Bojonegoro (Media Center)  – Masyarakat Bojonegoro, Jawa Timur, tak perlu mengkhawatirkan kelangkaan Elpiji ukuran 3 kilogram (Kg) selama Ramadan hingga Idul Fitri nanti. Sebab stok elpiji bersubsidi itu dipastikan aman hingga akhir tahun 2015.

Stok elpiji 3 Kg untuk Bojonegoro dari Pertamina tahun 2015 ini sebanyak 8.456.330 tabung. Dari stok tersebut hingga awal Juni lalu telah realisasi sebanyak 3.269.200 tabung, sehingga masih tersisa 5.187.130 tabung.

“Hingga per Juni baru realiasi 35 persen. Jadi kami pastikan stoknya aman sampai akhir tahun nanti,”  tegas Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Bojonegoro, Basuki, Rabu (17/6) kemarin.

Basuki menjelaskan, alur pendistribusian jutaan elpiji melon di Bojonegoro yakni melalui Pertamina ke Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE), agen dan kemudian pangkalan. Untuk Bojonegoro sendiri, kata dia, memiliki 18 agen dan 376 pangkalan yang hampir tersebar di semua desa.

Basuki mengatakan, untuk harga eceran tertinggi (HET) Elpiji 3 Kg adalah Rp16 ribu per tabung. Namun HET itu hanya berlaku sampai pangkalan.

“Harganya di atas HET terjadi karena masyarakat membeli tidak di pangkalan, melainkan di kios-kios. Karena itu, saya sarankan untuk membeli pangkalan,” pesan mantan Kepala SMPN 7 Bojonegoro itu.(dwi/*mcb)

Leave a Comment