Share

Pelajar Tingkat SMA Dapat Dana Pendidikan

Bojonegoro (Media Center) – Dana Bantuan Pendidikan bagi anak Bojonegoro yang sekolah di SMA, SMK, MA Negeri maupun Swasta sudah bisa dirasakan bagi siswa. Karen dana yang bersumber dari APBD Bojonegoro ini sudah disiapkan oleh Kas Daerah dan bisa diambil oleh Kepala Desa untuk diserahkan pada siswa yang ada di desanya.

“Saat ini nama-nama anak yang akan menerima sudah terdata, jadi Kepala Desa tinggal menyerahkan.  Harapannya jangan sampai ada anak usia sekolah SLTA di Kabupaten Bojonegoro yang tidak sekolah dengan alasan tidak punya biaya,” ujar Nur Sujito Sekrtaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (BPKKD) Bojonegoro.

Ia menjelaskan, dana ini di transfer ke Kas Desa untuk diserahkan kepada siswa SMA ,SMK, MA Negeri maupun Swasta yang ada di desa tersebut. Bantuan dana pendidikan bagi siswa SMA, SMK, MA Negeri dan swasta ini sebesar Rp500 ribu/tahun. Namun, untuk kelas XII hanya Rp250 ribu saja, dengan asumsi masa belajar yang tinggal empat bulan.

“Dana ditransfer ke Kas Desa, setelah diambil oleh Kepala Desa diserahkan kepada para siswa yang penyerahannya dilakukan di Balai Desa dengan disaksikan Wali Amanah dan dipantau oleh petugas Kecamatan,” lanjutnya.

Untuk itu Desa wajib memberitahukan kepada camat kapan dana akan diserahkan. Hal ini karena pihak kecamatan wajib melakukan pemantauan dan evaluasi. Selanjutnya, camat melaporkan ke Dinas Komunikasi dan Informatika untuk transparansi program ini.

Ia menambahkan, bagi siswa yang saat ini belum mendapatkan bantuan dana pendidikan bisa segera menginformasikan kepada Kades setempat.

“Jangan ada anak Bojonegoro usia sekolah SMA yang tidak sekolah karena masalah biaya. Tak ada kriteria miskin, kaya, pintar untuk mendapatkan dana ini, semua anak Bojonegoro usia sekolah SLTA berhak mendapatkan,” tegas Nur Sujito.

Namun, saat ini dana baru bisa disalurkan untuk wilayah Desa saja. Sedangkan untuk wilayah Kelurahan harus menunggu P-APBD. Tak hanya itu, beberapa pelajar asal Bojonegoro yang berada di luar kota juga bisa mendapatkan dana bantuan ini dengan pengusulan dari desa setempat.(Lya/dwi)

Leave a Comment