Share

Pelajari OGP, Sandiaga Uno Kunjungi Bojonegoro

Bojonegoro, 5/10 (Media Center) – Wakil Gubernur (Wagub) terpilih DKI Jakarta, Sandiaga Uno berkunjung ke Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, untuk mempelajari “opent government patnership” atau keterbukaan Pemerintahan yang sudah dikembangkan pemerintah kabupaten (pemkab), Kamis (5/10).

“Kunjungan Sandiago Uno ke Bojonegoro murni silahturahmi karena sejak lama berteman dengan saya. Ia ingin belajar terkait “OGP” yang sudah diterapkan di Bojonegoro,” kata Bupati Bojonegoro Suyoto, usai menerima kunjungan Sandiago Uno.

Menurut dia, dalam kampanye pemilihan Gubernur dan Cagub DKI pasangan Anies Baswedan dan Sandioga Uno salah satu janjinya yaitu akan menerapkan Pemerintahan yang terbuka dan “patnership”.

“Ya kemudian belajarnya di Bojonegoro untuk bisa diterapkan DKI, sebab dalam waktu dekat ini pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI,” kata dia menegaskan.

Kunjungan Sandiago Uno di Bojonegoro, lanjut dia, juga dilengkapi dengan tim ahlinya dari berbagai bidang.

Sandiaga Uno, kata dia, sangat mengapresiasi OGP yang diterapkan di daerahnya karena lokasinya di Tanah Air dan bisa menjadi percontohan tingkat dunia.

“Sandiaga Uno sangat mengapresiasi OGP yang diterapkan di Bojonegoro. Kunjungannya tadi hanya di kantor pemkab. Setelah itu kembali lagi ke Jakarta,” kata dia menegaskan.

Seperti yang dilansir oleh detakpos.com, Di Bojonegoro, Sandiago Uno dengan timnya melihat berbagai paparan terkait keterbukaan Pemerintahaan dalam bentuk banner yang berisi APBD semua organisasi perangkat daerah (OPD).

Pemkab Bojonegoro ikut dalam deklarasi OGP tingkat dunia di Paris, Desember 2016. Ada lima aksi yang dilakukan pemkab setempat terkait OGP yaitu penguatan pelayanan publik, keterbukaan Pemerintahan Desa, transparansi sistem anggaran daerah, peningkatan akses masyarakat dan revolusi data.

Bojonegoro, Ada pemandangan yang berbeda di Kantor Pemkab Bojonegoro pada siang ini (5/10), sekitar pukul 13.00 WIB Wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengunjungi Kabupaten Bojonegoro.

Wagub DKI ini diterima langsung oleh Bupati Bojonegoro, doktor Suyoto, MSI.

Kang Yoto Bupati Bojonegoro, mengakui tak menyangka bahwa pasangan Gubernur DKI Jakarta terpilih ini akhirnya datang di Bojonegoro. Diceritakan bahwa Wagub DKI ini sudah beberapa waktu menyatakan keinginan untuk datang ke Bojonegoro dan akhirnya terlaksana hari ini.

Dalam kesempatan ini Kang Yoto menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang telah terpilih menjadi pemimpin di DKI Jakarta. Saya percaya dengan hati dengan kebersihan jiwa dan dengan pemikiran yang terbuka dan dengan kolaborasi maka masalah masalah DKI seberat apapun akan mampu diselesaikan. Menurut Bupati istilahnya “Ta’awun” jauh lebih kuat. Sekali lagi Bupati menyampaikan terima kasih karena Sandiaga Uno berkenan mampir di Kabupaten Bojonegoro, karena melebihi ekspetasi datang di Bojonegoro.

Sandiaga Uno menyampaikan ucapan terima kasih karena Kang Yoto telah menunjukkan bagaimana cara sukses membangun OGP di Kabupaten Bojonegoro.

Pertemuan ini Bupati mengajak Sandiaga Uno untuk melihat Open Goverment Partnership (OGP) di segala sektor yang dilakukan di Bojonegoro. Salah satunya semangat OGP di layanan satu pintu Badan Perijinan Kabupaten Bojonegoro yang terletak di Lantai 1 Gedung Pemkab. Kemudian naik menuju lantai 6 dan 7 Gedung Pemkab Bojonegoro.

Sandiaga Uno tampak seksama mendengarkan penjelasan Bupati Bojonegoro yang menjelaskan tentang bagaimana proses membangun dan OGP serta aplikasi yang dikembangkan di Kabupaten Bojonegoro. Bahkan Sandiaga Uno dihadapan Bupati mengundang agar Bupati Bojonegoro untuk berdialog dan menjadi salah satu dosen kehormatan di Indonesia Institute Open Goverment Partnership yang kini tengah dalam proses.(*/mcb)

Leave a Comment