Share

Pemkab Bojonegoro Beri Pembinaan Pengurus Takmir Masjid di Dander

Bojonegoro – Sebagai upaya meningkatkan wawasan pengurus ta’mir masjid, Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Bojonegoro memberikan pembinaan dalam mengelola kegiatan da’wah Islamiyah yang berkaitan dengan pendidikan agama islam. Pembinaan ta’mir tersebut dilaksanakan di Masjid Al- Ichsan Desa Ngunut Kecamatan Dander, Kamis (18/2/2021).

Dalam acara tersebut hadir Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Asisten l Pemkab Bojonegoro Djoko Lukito, Kepala Bagian Kesra Sahari, Forkopimcam, ta’mir masjid dari desa Ngunut dan Dander.

Kepala Bagian Kesra Sahari menuturkan pembinaan takmir masjid ini sebagai kegiatan silaturahmi serta pemberian wawasan keilmuan kepada para takmir dalam hal pendidikan agama. “Selain silaturrohmi antara stakeholder ke masyarakat, kegiatan ini juga bermaksud untuk menambah keilmuan para petugas ta’mir masjid. Karena peran ta’mir sangat penting dalam hal mensyiarkan ajaran-ajaran agama Islam,” ucapnya.

Sahari juga menjelaskan, masjid memiliki kedudukan yang sangat penting dalam masyarakat Islam, yakni pusat pembinaan umat. Jika fungsi ideal telah terwujud, maka kualitas umat akan mengalami peningkatan yang menbanggakan.

“Untuk mewujudkan hal yang demikian, tentunya perlu dibentuknya wadah untuk orang-orang yang mampu menggerakkan fungsi masjid seperti dibentuknya Ta’mir Masjid,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah juga menyampaikan bahwa menjadi takmir merupakan sebuah panggilan pekerjaan yang mulia. “Ketika kita memuliakan rumah Allah, maka kita juga senantiasa juga akan diberikan kebaikan serta kebahagiaan,” tutur Bupati Bojonegoro.

Selain itu, masih dalam penjelasan Bupati Anna bahwa sebagai bentuk apresiasi Pemkab Bojonegoro rencananya pemkab akan memberikan dana insentif kepada para takmir masjid.(fif/nn)

Leave a Comment