Share

Pemkab Bojonegoro Gelar Pasar Murah di Kecamatan Jelang Natal dan Tahun Baru

Bojonegoro, Media Center – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perdagangan (Disdag) menggelar pasar murah di tingkat kecamatan dalam rangka menjelang Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Sejumlah komoditi dan paket sembako disedikan di pasar murah. Yakni isi ulang tabung LPG 3 Kg seharga Rp15 ribu. Kemudian beras, gula, tepung, minyak dgn harga di bawah pasaran.

Ada juga beberapa paket kebutuhan rumah tangga, paket murah mulai Rp10 ribu, Rp 15 ribu dan Rp20 ribu, serta beberapa produk lain dari IKM dan UMKM Bojonegoro.

“Pasar Murah ini kami gelar sebagai kelanjutan pasar murah tahap I. Insya Allah kami rencanakan di 10 Kecamatan,” ujar Sutikno Sakib, Kepala Seksi Kasi Pengadaan dan Distribusi Dinas Perdagangan Bojonegoro di sela-sela Pasar Murah di Pendapa Kecamatan Kalitidu, Senin (25/11/2019).

Dalam pelaksanaan pasar murah ini, Dinas Perdagangan pihak ketiga sebagai mitra kerja. Di antaranya, Bulog Subdivre III Bojonegoro, PT.Pertamina Domestic Gas Region V Surabaya bersama Agen LPG di Bojonegoro yang tergabung dalam Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas Bumi (HISWANA MIGAS ), dan PT.Inti Niaga Pranasari (Wings).

Kemudian PT. Unilever dan Paguyuban Toko Ritel Modern dibawah binaan SAMPOERNA dlm wadah komunitas SRC (Sampoerna Ritel Comunity), serta dari pelaku usaha IKM dan UMKM di Bojonegoro.

Sutikno menjelaskan, tujuan pasar murah ini untuk membantu keterjangkauan masyarakat agar tetap mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan melakukan pembelian barang komoditi yang harganya benar-benar murah dan di bawah pasaran. Selain itu, sebagai salah satu upaya untuk menstabilkan harga di wilayah setempat.

“Ini merupakan bentuk kerjasama dan sinergi antara Dinas Perdagangan dgn pihak ketiga yg selama ini sebagai mitra kerja untuk peduli terhadap masyarakat menengah kebawah,” tegasnya.

Sebab, lanjut Sutikno, semua barang yang disediakan harganya di bawah harga pasaran. Seperti beras medium dengan kualitas bagus dijual seharga Rp 8 ribu/kg, minyak goreng kemasan (Fortune) harga Rp 10 ribu/liter, tepung terigu Rp 8ribu/kg, gula kemasan polos Rp11.500/kg. Serta aneka paket kebutuhan rumah tangga lainnya.

“Selisihnya 500 sampai 2.500 rupiah,” pungkasnya.

Sebelumnya kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan di Kecamatan Baurno, Dander dan Sumberjo. Gelaran pasar murah dimulai pukul 09.00 Wib.(Dwi)

Berikut Kecamatan yang akan Jadi Lokasi Pasar Murah Tahap II:

  1. Desa Sidobandung, Kecamatan Balen (Rabu, 27-11-2019).
  2. Pendapa Kecamatan Malo (Jumat, 29-11-2019)
  3. Pendapa Kecamatan Sugihwaras (Senin, 2-12-2019)
  4. Pendapa Kecamatan Bubulan (Rabu, 4-12-2019)
  5. Desa Plesungan, Kecamatan Kapas (Jumat, 6-12-2019)
  6. Pendapa Kecamatan Kedungadem (Senin, 9-12-2019)

Leave a Comment