Share

Pemkab Bojonegoro Pastikan Stok Pupuk Cukup

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Peirndustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengatakan bahwa stok pupuk di Bojonegoro mencukupi hingga musim tanam. Hal ini dikatakan Basuki, Kepala Disperindag Bojonegoro, Kamis (8/1/2015).

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Peirndustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengatakan bahwa stok pupuk di Bojonegoro mencukupi hingga musim tanam. Hal ini dikatakan Basuki, Kepala Disperindag Bojonegoro, Kamis (8/1/2015).

Masih dalam keterangannya, Bojonegoro dipatikan tak kekurangan pupuk. Pihaknya pun melakukan pengawasan dilakukan oleh KP3 yakni Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida yang didalamnya melibatkan beberapa pihak di jajaran Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

“Untuk menghindari kelangkaan pupuk serta penyelewengan, ada Perbup agar satu desa minimal 1 kios distributor pupuk,” terangnya.

Hal ini dilakukan dalam rangka memperketat alur pupuk sehingga tepat kepada petani. Tidak hanya itu saja, Pemerintah juga mengharapkan agar para petani tergabung dalam kelompok tani dan gabungan kelompok tani (Gapoktan). Ditambahkan titik layanan diperluas yakni distributor punya kios di masing-masing desa dalam rangka optimalisasi layanan.

Sementara itu, Sales Supervisor PT Pupuk Petro Kimia Gresik, Adi Sutanto menjelaskan, distribusi pupuk selama tahun 2014 relatif cukup, bahkan dengan adanya penambahan kuota pupuk dipertengahan bulan desember tahun 2014 yakni pupuk jenis NPK dan SP-36.

“Kita sempat mengalami kendala disisi pendistribusian. Namun semua akhirnya bisa diatasi,” imbuhnya.

Sedangkan untuk pupuk lainnya seperti Urea dapat didistribusikan hampir 99,8 %, demikian juga untuk ZA juga menyentuh angka 99 %. SP-36 terealisasi 92 %, phonska 92 % dan petroganik 98 %. (**mcb)

Leave a Comment