Share

Pemkab Bojonegoro Serahkan Santunan Rp 632.000.000 untuk Korban Angin Kencang

Bojonegoro, Media Center – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan santunan kepada korban bencana angin kencang yang melanda Bumi Angkilng Dharma – sebutan lain Bojonegoro – beberapa hari terakhir ini. Santunan diberikan Bupati Anna Muawanah kepada korban di Pendapa Malowopati, Jumat (15/11/2019).

Pemberian santunan dihadiri Sekda Bojonegoro, sekaligus Kepala BPBD, Nurul Azizah, dan Camat yang daerahnya terdampak angin kencang, serta korban bencana angin kencang.

Dalam sambutannya, Nurul Azizah menjelaskan, ada tiga kategori bantuan yang diberikan. Pertama, rusak sangat berat (RSB) dengan nominal Rp. 5.000.000, kedua rusak berat (RB) Rp. 3.500.000, dan ketiga rusak dedang (RS) Rp. 2.000.000.

Sementara dari pendataan yang dilakukan BPBD, terdapat 5 rumah RSB, 54 rumah RB dan 209 rumah RS.

“Total bantuan yang diberikan sejumlah Rp. 632.000.000,” ujarnya.

Usai menyerahkan bantuan, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menghimbau kepada masyarakat, untuk tetap waspada.

“Segera laporkan kepada pemerintah desa setempat apabila dirasa ada pohon di sekitar perumahan warga yang dianggap rawan tumbang.” Himbaunya

Bupati perempuan pertama Bojonegoro itu menegaskan, bantuan yang diberikan ini telah melalui verifikasi. Jika penyaluran bantuan dirasa lambat dikarenakan Pemkab Bojonegoro harus melalui prosedur yang ada.

“Kita coba salurkan bantuan secepat mungkin sesuai dengan prosedur. Sehingga semua pihak dapat menjalankan tugas dengan amanat. Yang pasti kita telah memverifikasi biodata korban, total kerusakan, dan kondisi dilapangan,” pungkasnya.(Rin/Dwi)

Leave a Comment