Share

Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan Kepemilikan dan Penggunaan APAR

Mengantsipasi terjadinya kebakaran pada perusahaan maupun rumah industri, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melakukan sosialisasi kepemilikan dan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada para pengusaha.

Bojonegoro (Media Center) – Mengantsipasi terjadinya kebakaran pada perusahaan maupun rumah industri, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melakukan sosialisasi kepemilikan dan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada para pengusaha.

Tim gabungan yang terdiri dari berbagai instansi seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Badan Lingkungan Hidup (BLH), Badan Perijinan dan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) melakukan sosialisasi pada pengusaha meubel di Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro yang terkenal sebagai sentra industri meubel, Kamis (5/2/2015).

Dikatakan Andik Sudjarwo, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bojonegoro, hal ini dilakukan untuk menghindari kebakaran seperti yang terjadi Rabu (4/2/2015) kemarin di salah satu rumah industri meubel yang memakan korban jiwa dan menelan kerugian hingga belasan Miliar. Ia menyebutkan, di Kabupaten Bojonegoro telah ada beberapa perusahaan yang memiliki APAR, namun belum memadai.

“Idealnya, satu perusahaan atau home industri punya 3-4 APAR, namun rata-rata hanya punya 2 buah,” jelasnya.

Ia menuturkan, masih banyak perusahaan yang dilengkapi APAR. Untuk itu, dalam tim juga ada dari Badan Perijinan dan instansi terkait. Pemkab Bojonegoro akan terus melakukan pemantauan di perusahaan dan industri. Dilanjutkan dengan sosialisasi yang akan diikuti seluruh pengusaha yang ada di Bojonegoro.

“Kedepannya, kami rekomendasikan kepemilikan APAR menjadi slaah satu syarat untuk perusahaan mendapatkan ijin,” pungkasnya.(**mcb)

Leave a Comment