Share

Pemkab Bojonegoro Sosialisasikan Pembangunan Waduk Gongseng

Penyuluhan Hukum yang dilaksanakan Bagian Hukum Pemkab Bojonegoro di Kecamatan Temayang, Selasa (21/10/2014) malam, juga menjadi sarana sosialisasi program pemerintah. Diantaranya tentang rencana pembangunan Waduk Gonseng dan mewujudkan Desa Cerdas dan Sehat.

Bojonegoro (Media Center) – Penyuluhan Hukum yang dilaksanakan Bagian Hukum Pemkab Bojonegoro di Kecamatan Temayang, Selasa (21/10/2014) malam, juga menjadi sarana sosialisasi program pemerintah. Diantaranya tentang rencana pembangunan Waduk Gonseng dan mewujudkan Desa Cerdas dan Sehat.

Pada kesempatan itu, Asisten 1 Bidang Hukum dan Pemerintahan, Joko Lukito, menjelaskan, dalam waktu dekat ini Pemkab Bojonegoro akan merealisasikan pembangunan Waduk Gonseng. Waduk yang dibangun dengan anggaran senilai Rp450 milyar itu nantinya dapat mengairi sawah di wilayah selatan dan timur Bojonegoro.

“Dengan adanya Waduk Gongseng ini diharapkan mampu meningkatkan produksi pertanian dan pangan Bojonegoro sehingga dapat mewujudkan Bojonegoro sebagai lumbung pangan negeri,” kata Joko Lukito.

Mantan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bojonegoro itu juga menyinggung tentang rencana pelaksanaan program Desa Sehat dan Cerdas yang akan mulai dilaksanakan pada 2015 mendatang. Gerakan ini, kata dia, akan dilaksanakan degan alokasi dana dari desa agar kegiatan lebih terarah sehingg uang yang diterima desa dapat dikelola dengan baik untuk kegiatan masyarakat.

Joko menjelaskan, ada beberapa sasaran dalam program desa sehat dan cerdas ini. Yakni untuk kesehatan diantaranya mengelola lingkungan seperti buang air bersar sembarang tempat, dan pengolahan sampah. Untuk pendidikan, lanjut dia, seluruh anak-anak di desa harus tuntas pendidikan minimal hingga SLTA.

“Nanti Pemdes dan wali amanah desa yang akan merencanakan dan melaksanakan kegiatan itu sehingga terwujud masyarakat Bojonegoro yang sehat produktif dan bahagia,” tegas Joko.

Tak hanya itu, pemkab juga akan mengadakan pelatihan untuk pemuda agar mereka mempunyai keterampilan sehingg dalam bekerja nanti akan mendapat posisi yang bagus. “Karena itu desa mulai dari sekarang harus bisa mengelola administrasi degan baik dan tepat,” pesan Joko.(**mcb)

Leave a Comment