Share

Pemkab Optimis Atasi Kekeringan Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Memasuki musim kemarau yang diprediski oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dimulai sejak Juni, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro telah menggelar rapat koordinasi untuk menghadapi musim kemarau tahun ini.

Dalam paparannya, Kepala Satuan Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Andik Sudjarwo, menjelaskan bahwa Pemkab Bojonegoro telah siap menghadapi kemarau. Berdasarkan data, ada sebanyak 74 desa di 21 kecamatan yang terdampak kekeringan di 2014 lalu. Dengan jumlah ini, diharapkan seluruh daerah akan tertangani di 2015 ini.

“Untuk penanganan, akan dibangun pompa portable di wilayah kekeringan,” ujar Andik.

Tak hanya mengandalkan pompa portable, upaya lain untuk mengatasi kekeringan di beberapa wilayah Bojonegoro ini adalah dengan membangun embung, waduk dan geo-membran. Pembangunan ini, lanjut Andik, untuk memnuhi kebutuhan pertanian, mencuci dan mandi. Sementara untguk konsumsi, air akan diambil melalui pompa portable dan dropin air bersih.

Tak hanya dari BPBD, pananggulangan kekeringan di Bojonegoro juga akan diatasi oleh Dinas Tenaga kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos). Sedikitnya, Disnakertransos menyiapkan 300 tangki air bersih yang akan didistribusikan ke wilayah yang membutuhkan. (humas/*mcb)

Leave a Comment