Share

Pemkab Terima Rp 63 M untuk Alokasi Dana Desa

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah menerima alokasi dana untuk desa pada tahun 2015 dari Anggaran Pengeluaran dan Belanja Nasional atau APBN dari pemerintah pusat sebesar Rp63 Miliar.

Bojonegoro (media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah menerima alokasi dana untuk desa pada tahun 2015 dari Anggaran Pengeluaran dan Belanja Nasional atau APBN dari pemerintah pusat sebesar Rp63 Miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bojonegoro, Jumari, menyampaikan, seharusnya dana desa dari APBN yang ditransfer kepada masing-masing desa sebesar Rp 1 M sampai Rp 1,4 M. Akan tetapi, realisasi yang diterima tahun ini Bojonegoro baru menerima sebesar Rp63 M.

“Kalau dibagi rata ke semua desa maka masing-masing akan menerima Rp 150 juta,” ungkapnya.

Ia mengatakan, meskipun begitu didalam undang-undang No 6 Tahun 2014 ada tindak lanjut berupa Peraturan Pemerintah atau PP No 60 tahun 2014 terkait dana desa, ada beberapa variabel yang harus digunakan Kabupaten untuk mengalokasikan anggaran ini.

“Setelah diperhitungkan, ternyata beberapa desa ada yang memperoleh dana sebesar Rp25 Juta, dan ada pula yang menerima Rp200 Juta,” ujarnya.

Ia menegaskan, langkah dan upaya pemkab untuk mempersiapkan agar penyelenggaraan pemdes bisa berjalan dengan baik dalam pengelolaan keuangan desa dan tidak bermasalah dengan hukum khususnya bagi kades dan oerangjat telah dilaksanakan sosialiasi sejak undang-undang desa diterbitkan.

“Kami memberikan pembinaan kepada semua aparatur pemerintah desa, bagaimana cara penyusunan apbdes, termasuk pengelokaan keuangan desa,” tandasnya.(re/**mcb)

Leave a Comment