Share

Pemuda Marcapala Buat Perahu Untuk Evakuasi

Sekelompok pemuda dari kelurahan Ledok Kulon, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, membuat perahu untuk evakuasi yang selama ini menjadi langganan banjir jika sungai Bengawan Solo meluap.

Bojonegoro (Media Center) – Sekelompok pemuda dari kelurahan Ledok Kulon, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, membuat perahu untuk evakuasi yang selama ini menjadi langganan banjir jika sungai Bengawan Solo meluap.

Salah satu tokoh pemuda, Rahmad Muhajirin, mengatakan, awal mula pemikiran untuk membuat perahu evakuasi ini dikarenakan rasa gelisah dan cemas saat banjir melanda karena kekurangan perahu untuk mengevakuasi warga.

“Perahu ini terbuat dari kayu dan menjadi sarana alternatif apabila BPBD terlambat memberikan bantuan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, kelompok pemuda yang menamakan diri Marcapala ini siap melakukan aksi sosial di desa setempat saat banjir tiba. Sehingga, dengan adanya perahu evakuasi dadakan ini mampu mendistribusikan logistik tanpa menunggu giliran perahu karet milik Pemkab.

“Kami juga ingin membantu BPBD untuk meringankan beban korban banjir yang terjadi di Bojonegoro,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan, perahu evakuasi tersebut terbuat dari besi dengan luas 150 centimeter dan panjang 5 meter, yang didapat dari uang hasil iuran. Bahkan, aksi pemuda Marcapala ini mendapat apresiasi dari Bupati Suyoto dan bisa menjadi contoh teladan bagi pemuda lainnya untuk ikut serta tanggap bencana disekitarnya.

“Semoga apa yang kami lakukan menjadi contoh bagi pemuda lainnya,” harap Rahmad. (re/**mcb)

Leave a Comment