Share

Pendistribusian Bantuan Sosial Berjalan Lancar dan Transparan

Bojonegoro, Media Center – Proses pendistribusian bantuan sosial di Kabupaten Bojonegoro berjalan lancar dan transparan. Terkini, Bantuan Tidak Terduga (BTT) dari Provinsi Jawa Timur telah disalurkan kepada 10.000 penerima manfaat di empat kecamatan.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro, Arwan, saat ini selain BTT ada sembilan jenis bantuan sosial untuk masyarakat. Diantaranya sembako covid-19, Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), dan bantuan lainnya. “Hampir semua memang untuk masyarakat terdampak pandemi covid-19,” terangnya Kamis (2/7/2020).

Semua proses pendistribusia bantuan, lanjut dia, punya prosedurnya masing-masing yang sudah dijalankan sesuai petunjuk teknis. Sejak pendataan warga penerima manfaat hingga pendistribusian, pemkab melibatkan semua pihak, mulai pemerintah desa, petugas lapangan PKH, Dinsos, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan lainnya.

“Jadi semua pendataan hingga pendistribusian itu melibatkan banyak tim. Dan bantuan itu jenis dan sumbernya macam-macam. Ada yang dari Kementerian Desa, ada yang dari Pemprov, dan ada yang dari Pemkab Bojonegoro. Jadi tidak bisa disamakan,” terangnya.

Arwan menegaskan, memang sangat mungkin ada irisan antara bantuan satu dengan bantuan lain. Akan tetapi di lapangan telah melibatkan banyak pihak untuk terus memantau. Sehingga jika ada kesamaan penerima bantuan dari sumber berbeda-beda, maka akan ada penyesuaian-penyesuaian. “Tapi penyesuaian itu juga sesuai prosedur dan tidak asal mengubah,” katanya.

Saat ini, bantuan yang sedang dipersiapkan untuk distrubusi adalah BTT dari Pemprov Jatim selama 3 bulan dari Mei hingga Juli. Untuk Mei sudah didistribusikan kepada warga di empat kecamatan yakni Bojonegoro, Kapas, Trucuk dan Dander.(NN)

Leave a Comment