Share

Pengambilan Api Abadi Peringatan Hari Jadi Bojonegoro 343

Bojonegoro, Media Center – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro melaksanakan prosesi pengambilan api abadi di Wisata Kayangan Api, Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Senin (19/10/2020).

Kegiatan yang berlangsung senin pagi ini adalah rangkaian Peringatan Hari Jadi Bojonegoro ke-343 yang dilaksanakan setiap tahun. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini pengambilan api abadi tidak diarak dengan berlari dari Wisata Kayangan Api menuju Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, melainkan dibawa menggunakan mobil dari Disbudpar yang diikuti oleh iring-iringan rombongan dari Forpimca dan seluruh Kepala Desa di Kecamatan Ngasem.

Proses pengambilan api abadi diawali oleh prosesi adat setempat dan pi abadi diambil oleh sang juru kunci Kayangan Api lalu diserahkan kepada Camat Ngasem dan diberikan Pihak Disbudpar Bojonegoro untuk disemayamkan oleh Bupati Bojonegoro di Pendopo Malowopati.

Selain Disbudpar, acara ini dihadiri oleh Forkopimcam Ngasem dan seluruh Kepala Desa di Kecamatan Ngasem. Saat ini Api abadi sudah transit di Pendopo Malowopati dan menunggu kedatangan Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah untuk disemayamkan.

Kepala Seksi (Kasi) Bidang Kebudayaan Disbudpar Bojonegoro, Susetyo mengatakan ditahun ini banyak rangkaian HJB yang kami kurangi, tentunya mengingat masih berada ditengah wabah pandemi Covid-19.
“Untuk itu acara kami selenggarakan dengan sesederhana mungkin agar tidak mencuri perhatian masyarakat,” Tuturnya.(AFN/NN)

Leave a Comment