Share

Pengelola PPID SKPD Dilatih Pemutakhiran DIP

Bojonegoro (Media Center) – Pejebat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pemutakhiran (PPID) Kabupaten Bojonegoro menggelar pelatihan pemutakhiran Daftar Informasi Publik (DIP) PPID satuan kerja perangkat daerah (SKPD) selama tiga hari di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Bojonegoro yang dimulai sejak Rabu (3/6/2015) kemarin.

Kegiatan tersebut dibagi menjadi tiga gelombang. Untuk gelombang pertama diikuti 28 PPID Kecamatan. Gelombang ke dua yang dilaksanakan hari ini Kamis (4/6/2015), diikuti sebanyak 12 PPID Badan, dan gelombang ke tiga yang dilaksanakan pada Senin (8/6/2015) pekan depan, diikuti 12 PPID Dinas dilingkup Pemkab Bojonegoro.

Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumbner dari PPID Kabupaten dan Bojonegoro Institute (BI). Materi yang diberikan meliputi pengenalan sistim informasi publik PPID, praktek pemilahan DIP dari Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (LAKIP), upload DIP ke aplikasi sistim informasi publik (SIP) PPID.

Sementara narasumber dari BI memberikan materi tentang keterbukaan informasi publik yang harus dilaksanakan masing-masing SKPD.

Ketua PPID Kabupaten Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur P, mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM)pengelola PPID di masing-masing kecamatan dan SKPD dalam mengelola informasi publik.

“Agar keterbukaan informasi di masing-masing SKPD dapat berjalan maksimal. Karena Bojonegoro sekarang ini sudah tak lagi transparan tapi sudah telanjang,” kata pria yang juga Kepala Dinkominfo Bojonegoro itu.

Dalam pelatihan ini sebagaian peserta mengaku mengalami kendala tentang lupa pasowrd. Alasannya, adanya perubahan pemegang pengelola PPID di masing-masing SKPD karena dimutasi.(dwi/*mcb)

Leave a Comment