Share

Penghargaan di Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional untuk 5 Karang Taruna Bojonegoro

Bojonegoro, Media Center – Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Kabupaten Bojonegoro menjadi kesan tersendiri bagi lima karang taruna. Mereka mendapat penghargaam dan tambahan modal usaha dari Dinas Sosial (Dinsos) Bojonegoro, Jumat (13/12/2019).

Penghargaan ini diberikan karena ke lima karang taruna tersebut mampu menjalankan usahanya dengan baik, serta peduli dan berperan aktif dalam kegiatan sosial di wilayahnya.

Ke lima karang taruna yang mendapat penghargaan adalah Karang Taruna Satria Muda Desa Rendeng, Kecamatan Malo, memperoleh penambahan modal usaha sebesar Rp. 15.000.000. Karang Taruna Tunas Sakti Desa Pejambon, Kecamatan Sumberjo, dengan penambahan modal usaha sebesar Rp. 12.500.000.

Kemudian Karang Taruna Tugu Pahlawan Desa Temayang, Kecamatan Temayang, memperoleh penambahan modal usaha sebesar Rp. 10.000.000. Karang Taruna Generasi Mandiri Desa Sumberarum, Kecamatan Ngraho, peroleh penambahan modal usaha sebesar Rp. 7.500.000.
Karang Taruna Arga Satu Desa Begadon, Kecamatan Gayam, dapat penambahan modal usaha sebesar Rp. 7.500.000.

Plt Kepala Dinas Sosial Bojonegoro, Ahmad Erfan, menjelaskan hadiah yang diberikan tersebut merupakan stimulan bagi karang taruna yang memiliki Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Diharapkan kedepan setiap karang taruna harus memiliki UEP yang bagus, mampu bersaing, dan memiliki usaha kerja sosial.

“Pemuda merupakan tulang punggung pembangunan. Untuk itu para pemuda yang bernaung di bawah karang taruna harus bisa mengisi pembangunan dengan peran aktif sesuai kemampuanya,” pesannya.

Ketua Panitia Seleksi Karangtaruna Teladan Kabupaten Bojonegoro, Darwina Rahmat, berharap kegiatan ini bisa menjadikan motivasi para pemuda untuk semakin meningkatkan kemauan dan kemampuaannya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Bojonegoro.

Ketua Karang Taruna Satria Muda Desa Rendeng, Mujtabah mengatakan, karang tarunanya memiliki program inovatif berupa usaha ekonomi produktif berupa Wisata Edukasi Gerabah.

“Dari hasil itu kita sisihkan untuk pemberian sembako bagi orang tidak mampu,” pungkasnya.

Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional di Bojonegoro berlangsung sederhana dengan jalan santai. Diikuti oleh para penggiat sosial antara lain : IPSM, TKSK, TAGANA, PKH, Karang Taruna, PELOPOR PERDAMAIAN serta Pegawai di lingkungan Dinsos Kabupaten Bojonegoro.

Untuk diketahui, Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial secara nasional diselenggarakan, Jumat (20/12/2019), di Kalimantan. Sedangkan di Jawa Timur dipusatkan di Kabupaten Jombang yang akan dihadiri oleh Gubernur Khofifah Indarparawansa.(Dwi)

Leave a Comment