Share

Per 15 Juni Sumur Tua Diswakelola

Bojonegoro (Media Center) – setelah melalui pertimbangan yang matang dan menemukan bukti-bukti pelanggaran, akhirnya Pertamina EP Asset IV Field Cepu resmi memutus kontrak kerja sama operasi (KSO) dengan KUD Sumber Pangan dan KUD Usaha Jaya Bersama dalam pengelolaan sumur tua di wilayah Kecamatan Kedewan dan Malo. Meski demikian, dua KUD itu masih diberi hak melakukan kegiatan hingga 15 Juni.

“Setelah tangal 15 Juni pengelolaan sumur tua akan dilakukan secara swakelola antara Pertamina dengan penambang trandisonal yang tergabung dalam paguyuban. Jadi penambang tradisional yang selama ini mengandalkan mata pencaharian dari sumur tua tetap bisa bekerja,” kata Legal and Relations PEP Asset IV Field Cepu, Sigit Dwi Aryono, Rabu (20/5/2015).

Penanganan sumur tua dengan pola swakelola, tambah Sigit, akan dilakukan selama 6 bulan sambil menunggu  penyiapan sistem pola kerjasama yang lebih baku.

“Jadi 6 bulan setelah tanggal 15 Juni akan menjadi masa transisi. Kami akan evaluasi jalannya sitem swakelola. Yang pasti, sesuai dengan filosofi pemanfaatan sumur tua, kepentingan  penambang  tradisonal menjadi prioritas kami,” katanya.

Sigit menambahkan, pemutusan hubungan kerjasama pengelolaan sumur  tua dengan 2 KUD itu telah disampaikan langsung pada KUD dan telah disosialisasikan pada para penambang.

“Alhamdulillah penambang trandisional bisa memahami langkah tegas Pertamina EP dalam memutus hubungan dengan 2 KUD itu. Karena itu kami juga berharap seluruh pemangku kepentingan mendukung keputusan ini,” katanya.

Menurut Sigit, pemutusan kerjasama dengan 2 KUD itu telah sesuai dengan kajian dari Direktorat Jendral (Dirjen) Migas sebagai pihak yang mengatur kerjasama antara Pertamina EP dengan KUD/BUMD dalam pengelolaan sumur tua.

Jumlah sumur tua yang tertera dalam perjanjiaan dengan KUD sebanyak 255 sumur. Sedangkan data di lapangan justru menunjukkan jumlah sumur tua berkembang menjadi 550.
Artinya ada 295 sumur baru atau ilegal di luar titik yang dikerjasamakan.(dwi/*mcb)

Leave a Comment