Share

Perajin Cinderamata Bojonegoro Sulit Penuhi Permintaan Pasar

Pasar untuk cinderamata dari akar jati ini telah menembus luar negeri. Dan tak hanya di Desa Batokan, namun kerajinan cinderamata kayu jati ini juga diproduksi di Desa Sambeng dan Desa Mbetet di Kecamatan Kasiman.

Bojonegoro (Media Center) – Karena keterbatasan jumlah produksi, para perajin akar jati di Desa Batokan, Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, kesulitan memenuhi permintaan cinderamata yang dipesan dari Bali. Permintaan cinderamata ini terutama untuk jenis kerajinan dari akar jati yang berjenis “Harley Davidson” yang diminati turis lokal maupun mancanegara.

Tasrap, salah satu perajin akar jati di Desa Batokan, Kecamatan Kasiman, Bojonegoro mengatakan, perajin di desanya berjumlah sekitar 200 perajin. Namun, hanya ada tiga perajin yang sanggup mengerjakan pembuatan cinderamata “Harley Davidson”.

Hal ini sangat disayangkan lantaran menurut dia, permintaan pasar di Bali khusus cinderamata Harley Davidson ini tidak terbatas. Dengan pemesanan yang hanya diproduksi oleh tiga perajin, dalam sepekan hanya bisa menghasilkan rata-rata 60 buah cinderamata berbentuk Harley Davidson.

“Padahal, berapapun jumlah cinderamata Harley Davidson yang saya kirim ke Bali diterima, karena tingginya permintaan pasar,” katanya, menegaskan.

Alasan dari minimnya perajin yang sanggup membuat miniatur Harley Davidson ini dikarenakan tingkat kerumitan yang lebih tinggi dibanding cinderamata lainnya. Mayoritas perajin lebih memilih mengerjakan cinderamata yang lebih mudah dibuat seperti tempat buah, kotak tisu, vas bunga hingga meja baca Al-Quran.

Ia menyebutkan pihaknya memberi harga Rp45 ribu/cinderamata “Harley Davidson”, kepada pedagang Bali, sedangkan di Bali, harganya ke konsumen bisa naik menjadi tiga kali lipat. Sementara itu, jelasnya, harga kerajinan akar jati lainnya, mulai tempat tisu, vas bunga, jam kayu, meja, pot, tempat payung, harganya mulai Rp20.000 sampai Rp150.000/item.

Pasar untuk cinderamata dari akar jati ini telah menembus luar negeri. Dan tak hanya di Desa Batokan, namun kerajinan cinderamata kayu jati ini juga diproduksi di Desa Sambeng dan Desa Mbetet di Kecamatan Kasiman.(**mcb)

2 Comments on this Post

  1. Dusun bandar jg d.cntmkan pak

    Reply
  2. Itu yg utama pembuatanya.

    Reply

Leave a Comment