Share

Perangkat untuk Panwascam Menunggu Juknis Bawaslu

“Kalau itu tidak ada, jelas menghambat kinerja Panwascam, termasuk nanti saat pengawasan rekapitulasi,” tambahnya.

Bojonegoro (Media Center) – “Untuk kebutuhan perangkat di tingkat Kecamatan, kami menunggu juknis dari Bawaslu,” kata Mustofirin, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bojonegoro (Jumat, 17/1/2014) saat menjawab pertanyaan seputar persiapan Panwaslu jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 mendatang.

Menurut Firin, demikian biasa dipanggil, perangkat yang dimaksud termasuk vital untuk mendukung kinerja Panwas di tingkat Kecamatan. “Termasuk unit komputer, yang hingga saat ini belum siap,” tambahnya.

Pihak Panwaslu Kabupaten menegaskan, ketersediaan unit komputer untuk tingkat Panwascam, akan dilakukan dengan sistem sewa. “Kalau itu tidak ada, jelas menghambat kinerja Panwascam, termasuk nanti saat pengawasan rekapitulasi,” tambahnya.

Firin mengaku saat Panwas Kabupaten Bojonegoro yang baru terbentuk, Panwas Kabupaten Bojonegoro tidak mempunyai aset tinggalan dari periode sebelumnya. “Saat kami masuk, asetnya kosong. Lalu yang ada saat ini adalah pinjaman dari Pemkab, termasuk unit komputer di kantor ini,” terangnya.

Sementara itu, menurut Firin, peralatan yang digunakan Panwas yang ada pada Pileg sebelumnya telah dikembalikan pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro. “Karena kami ini adhoc (panittia) jadi tidak ada pengadaan, dulu kami juga pinjam di Pemkab dan telah dikembalikan semua. Termasuk unit kamera dan komputer,” tambahnya.

Saat ini, Panwas Kabupaten Bojonegoro tengah berkonsentrasi mengawasi Alat Peraga Kampanye (APK). “Karena aturannya sudah jelas dan disepakati, maka sebaiknya peserta Pemilu yang memasang APK tidak sesuai aturan, dapat melepasnya sendiri. Daripada nanti kena penertiban, khan malah merepotkan dirinya sendiri,” pungkasnya. (ramcb)

 

Leave a Comment