Share

Peraturan Baru, SKPD Irit Biaya Perjalanan Dinas

Bojonegoro (Media Center) – Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 37 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2015, semua Satuan Kerja Perangkat Daerah akan mendapatkan pengurangan uang saku untuk perjalanan dinas.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (BPKKD) Ibnu Soeyoeti, menyampaikan, pengurangan uang saku untuk perjalanan dinas jumlahnya melebihi dari 50 persen anggaran pada tahun-tahun sebelumnya.

“Uang saku yang diterima SKPD sekarang jumlahnya kecil meskipun keluar kota,” ungkap Ibnu saat ditemui di kantornya, Senin (2/3/2015).

Dia menyampaikan, pada tahun 2014 lalu uang saku perjalanan dinas di dalam daerah sebesar Rp 400.000, sekarang hanya Rp 160.000, itupun harus lebih dari 8 jam perjalanan. “Jika tidak, uangnya tidak cair,” imbuhnya.

Sementara perjalanan dinas dalam provinsi, lanjut Ibnu, tahun lalu mendapat Rp 600.000, sekarang hanya Rp 410.000, sementara untuk luar provinsi tahun lalu mendapat Rp 1.750.000, sekarang hanya Rp 530.000.

“Kalau ada pertemuan di luar daerah harus benar-benar kita pikirkan efisiensinya. Kalau tidak begitu penting, ya tidak berangkat,” tegasnya.

Selain itu, apabila pengiriman surat dinilai terlalu jauh, maka dilakukan melalui email. Hal ini dikarenakan, jumlah biaya dengan transportasi harus disesuaikan.

“Tapi kami menjamin, meskipun ada penurunan uang saku tidak akan mempengaruhi kinerja SKPD,” pungkasnya. (rin/*acw)

Leave a Comment