Share

Peringati Hari Pahlawan, Blogger Bojonegoro Kunjungi Sesepuh Samin

Komunitas Blogger Bojonegoro melakukan kunjungan ke Kecamatan Margomulyo, Kegiatan bertajuk “Blogger Bojonegoro dari Ujung ke Ujung, Edisi Samin” itu mendatangi rumah Mbah Harjo Kardi dan kerajinan akar jati di Desa Geneng

Bojonegoro (Media Center) – Komunitas Blogger Bojonegoro melakukan kunjungan ke Kecamatan Margomulyo kemarin (10/11). Kegiatan bertajuk “Blogger Bojonegoro dari Ujung ke Ujung, Edisi Samin” itu mendatangi rumah Mbah Harjo Kardi dan kerajinan akar jati di Desa Geneng. “Ini agenda dari ujung ke ujung yang ke IV, sekaligus memperingati hari pahlawan,” jelas Nova Dewi Lintang Kusuma Wijayanti, humas Blogger Bojonegoro.

Menurut Nova, pihaknya sengaja memilih melakukan aktivitas ke Kecamatan Margomulyo karena komunitas yang beranggotakan pemuda pemudi Bojonegoro ini memandang Mbah Harjo Kardi adalah pahlawan lokal di Bojonegoro. “Sebagai keturunan ke IV Samin Surosentiko, beliau tetep memegang dan mengajarkan prinsip hidup tentang kejujuran, kesederhanaan, toleransi dan nilai-nilai nasionalisme,” ujar perempuan berhijab itu.

Selain sowan ke rumah Mbah Harjo, komunitas yang berdiri tahun 2010 itu juga melakukan aktivitas “Pengenalan Internet Sehat dan Sosial Media” di SMPN 1 Margomulyo. Di sana, anggota Blogger melakukan seminar dan pengenalan kepada sejumlah siswa tentang perkembangan internet dan media sosial yang sedang tren di era sekarang.

Berangkat Minggu sore dari Bojonegoro, anggota Blogger disambut Camat Margomulyo dan sejumlah staf. Peserta sebanyak 18 orang itu difasilitasi penginapan serta tour guide ke tempat yang dikunjungi. “Saya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan semacam ini dan berharap ada agenda yang berkelanjutan, sehingga potensi-potensi di semua wilayah Bojongegoro terutama di daerah terpencil dapat diketahui oleh semua lapisan masyarakat,” kata M. Safiq, Camat Margomulyo.

Kegiatan selama 2 hari tersebut ditutup dengan melihat dari dekat proses pembuatan kerajinan akar jati di Desa geneng. Di sana, blogger mendapat penjelasan dari Yuli Winarno, ketua paguyuban limbah akar terkait proses pembersihan, pengolahan hingga siap dipasarkan. “Ini potensi hasil alam Bojonegoro yang seharusnya mendapat perhatian lebih dari pemerintah setempat, agar hasil alam ini mempunyai nilai jual yang lebih tinggi sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” ujar Iza, salah satu anggota Blogger. (**acw/mcb)

Leave a Comment