Share

Perkuat Ketahanan Pangan, TNI Bojonegoro Tabur Ribuan Benih Ikan

Bojonegoro, Media Center – Jajaran TNI Koramil Bubulan Kodim 0813 Bojonegoro melakukan penebaran benih 1500 ikan nila, Senin (10/8/2020). Kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan (Han Pangan) nasional, khusunya di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Budidaya ikan nila dilaksanakan di lahan kosong yang berada di belakang kantor Makoramil, berukuran 7×8 meter.

Tabur benih ikan dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Bubulan, Kepala Puskesmas Bubulan, Novieyanti, Kasi Perikanan Tangkap Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, M. Yasin, Kepala KUA Bubulan, Warsito, Kepala Desa se- Kecamatan Bubulan, serta Danposramil Sekar dan Gondang beserta anggotanya.

Kegiatan sinergi ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan corona virus disease 2019 atau covid-19.

Danramil 0813-19/Bubulan, Kapten Inf Heri Sukiyanto, menjelaskan guna mendukung program ketahanan pangan, penggunaan kolam ikan ini pihaknya juga membuat kebun Persit melalui program pekarangan pangan lestari. Terlebih, pandemi covid-19 belum mereda.

“Sehingga, harus dilakukan upaya-upaya untuk kreatif khususnya diwilayah Bojonegoro dengan menanami lahan kosong dengan tanaman sayuran dan buah,” ungkapnya.

Kasi Perikanan Tangkap Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, Muhammad Yasin menuturkan pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung apa yang telah dilakukan oleh Koramil Bubulan dengan membuat tempat budidaya ikan. Hal tersebut, guna mendukung program ketahanan pangan nasional khususnya diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

“Sehingga dapat mendukung penuh program yang dicanangkan oleh pemerintah ini,” tegasnya.

Pihaknya berharap semua Koramil yang ada diwilayah Kabupaten Bojonegoro ini dapat mencontoh seperti upaya yang dilakukan di Koramil Bubulan ini.

“Kami juga siap membantu untuk benih-benih ikannya, jika kolam-kolam ini sudah disiapkan,” pungkasnya.(Dwi)

Leave a Comment