Share

Petani Bojonegoro dapat Bantuan 59 Traktor

Bojonegoro (Media Center) – Untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Bojonegoro sebagai lumbung pangan Negeri, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro menyerahkan bantuan 59 unit traktor dan 25 unit pompa air kepada petani di aula dinas setempat, Selasa (31/3/2015). Bantuan yang diserahkan itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015.

Penyerahan dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Dandim 0813, dan Wakapolres Bojonegoro. Ada sebanyak 49 traktor dan 15 pompa air yang diserahkan pada kelompok tani. Sementara 10 traktor dan 10 pompa air telah diserahkan pada penyerahan tahap pertama beberapa waktu lalu.

“Hal ini tentu saja untuk percepatan swasembada pangan. Tak hanya bisa digunakan oleh kelompok tani penerima, traktor ini juga boleh disewakan dengan harga yang lebih murah,” ujar Djupari, Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro.

Tak hanya itu, Djupari mengungkapkan, bahwa telah ada pemberian dana stimulan bagi petani di beberapa kecamatan. Total ada 19 kelompok tani di tujuh kecamatan yang menerima dana stimulan sebesar Rp1,2 juta per hektar yang difungsikan untuk pembelian pupuk dan upah tenaga kerja.

“Total anggarannya Rp600 juta,” ujarnya.

Selain itu, Dinas Pertanian juga telah melakukan normalisasi saluran air di dua desa di Kecamatan Kapas. Yakni Desa Mojodeso yang menelan anggaran sebesar Rp100 juta dan Desa Plesungan sebesar Rp75 juta.(lya/dwi)

Leave a Comment